Cara Membuat Slide Power Point yang Menarik - Disini kita akan mempelajari bagaimana cara mudah membuat slide presentasi dengan power point sehingga menghasilkan suatu slide yang menarik, keren, dan tentu saja terlihat profesional.

Pengantar
Presentasi merupakan hal yang biasa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, entah itu di sekolah, kampus, masyarakat. Presentasi yang menarik bukan hanya dari cara berbicaranya yang memukau saja, tetapi di dalamnya juga ada slide power point yang menarik juga.

Slide power point adalah alat bantu visual kita dalam presentasi. Dengan cara membuat slide power point yang menarik diharapkan para pendengar dapat mendapatkan gambaran yang jelas dan mudah diingat dari presentasi yang kita paparkan.

Cara Membuat Slide Power Point yang Menarik

Cara Membuat Power Point yang Menarik

Sebelum kita membuat suatu power point, ada beberapa hal yang harus kita ketahui sebelumnya agar terlihat menarik. Berikut diantaranya.

Power Point Bukanlah Suatu Makalah.
Tampilkan setiap slide kata kuncinya saja, jangan semua isi dituliskan pada slide tersebut. Alhasil audiens akan lebih memilih membaca slidenya saja karena semua informasi telah disampaikan daripada mendengarkan paparan dari presenter.

Tampilan Simple
Untuk membuat power point yang menarik, buatlah slide yang simple. Minimalist tetapi bisa menjelaskan tentang apa yang kita paparkan, dan jangan sampai audiens kebingungan ketika melihat slide yang kita buat.

Font yang Simple Namun Menarik
Menggunakan beragam font memang digunakan agar menarik, tetapi jangan berlebihan. Gunakan juga font yang mudah dibaca, jangan menggunkan font yang alay, yang malah membingungkan audiens untuk membacanya. Gunakanlah font dengan konsisten, misalnya ada 2 font yang berbeda, satu digunakan untuk judul, dan satu lagi untuk keterangan singkat.

Warna yang Tepat
Gunakanlah warna yang tepat, jangan sampai slide kita terlihat seperti pelangi. Gunakan juga kombinasi warna yang sesuai, jika background terang, gunakanlah teks yang gelap. Jika background gelap, gunakanlah text yang terang.

Gambar yang Sesuai
Penggunaan gambar memang mengasikkan, penggunaan gambar akan membuat power point kita menarik. Gunakanlah gambar yang sesuai dari apa yang kita paparkan dari slidenya, dan juga digunakan sebagai illustrasinya juga.

Ukuran Font
Jangan menggunakan ukuran font yang terlalu kecil, atau para audiens akan kesusahan membacanya. Gunakanlah ukuran yang agak besar, misalnya ukuran 32,  36 atau lebih.

Cara Membuat Power Point yang Menarik

Kita bisa membandingkan slide yang berada di sebelah kanan lebih menarik dari slide yang sebelah kiri. Penggunaan Font dan ukuran yang tepat, penggunaan teks yang seperlunya, serta penggunaan gambar sebagai illustrasi, membuat power point kita terlihat menarik dan juga profesional.

Kapital di Judul
Penggunaan huruf kapital juga perlu diperhatikan, kita menggunakannya untuk Judul dari setiap slide saja. Jangan pada semua isi dari slide yang kita buat, atau kita akan terkesan BERTERIAK pada slide tersebut.

Bolt di Bagian Penekan
Juga penggunaan bolt (tulisan tebal). Fungsi bolt adalah menekankan area tertentu pada teks. Jangan menggunakannya di semua isi dari slide, gunakanlah seperlunya saja.

Kurangi Penggunaan Bullet
Kurangi penggunaan bullet dan numbering, kita bisa berkreasi dengan sesuka hati dari poin-poinnya. Setiap poin bisa kita pisah perslide. Misalkan ada 3 poin, maka pisahkanlah poin-poin tersebut menjadi 3 slide. Di dalamnya tambahkan juga pelengkap seperti gambar, video, dan data lainnya yang berhubungan dengan poin tersebut.

Menampilkan Data dengan Grafik
Penggunaan paragraf untuk menampilkan data akan terlihat membosankan, dan sulit untuk membacanya, maka gunakanlah grafik. Entah itu grafik batang, garis, dan jenis grafik lainnya. Menampilkan data dengan grafik membuat power point kita terlihat menarik, juga profesional.

Cara Membuat Power Point yang Menarik

Penggunaan grafik membuat data lebih mudah untuk dibaca, dan juga tidak terlihat membosankan.

Video
Sesekali gunakanlah video agar presentasi kita tidak membosankan. Durasinya jangan terlalu pendek dan juga jangan terlalu panjang. Gunakanlah sewajarnya saja agar audiens lebih mengerti tentang apa yang kita presentasikan.

Efek Jungkir Balik
Hindari juga penggunaan effek animasi yang alay, atau presentasi kita akan terlihat tidak profesional. Kalaupun ingin menggunakan effek, gunakanlah efek yang sederhana saja, seperti appear dan fade agar slide kita tetap terlihat profesional

Efek Suara Seperlunya
Hindari penggunaan efek suara yang alay, seperti ketika kita klik sesuatu akan terdengar suara tembakan, atau akan terdengar suara orang yang bertepuk tangan. Kalaupun ingin menggunakan efek suara, gunakanlah efek yang tepat, yang sejalan dengan presentasi dan slide kita.

Mulai untuk Membuat Power Point

Kita tadi sudah mengetahui hal apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat suatu slide power point, di sini kita akan membuatnya dengan menggunakan aplikasi microsoft power point. Untuk versinya di sini saya menggunakan Microsoft Power Point 2016, untuk versi yang lainnya juga bisa dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini, karena pada dasarnya caranya sama saja. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Bab 2 pengenalan power point
Tak kenal maka tak sayang, begitulah kira-kira pepatahnya. sebelum kita memulai membuat slide presentasi dengan menggunakan power point, alangkah baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan software satu ini. Kita akan mengetahui tools apa saja yang sering digunakan pada power point ini. Baca selengkapnya...

Bab 3 membuat slide power point, sederhana namun menarik 
Setelah kita mengetahui tools apa saja yang sering digunakan, selanjutnya kita akan mencoba membuat suatu slide power point, dengan sederhana namun tetap menarik bagi para audiens. Baca selengkapnya...

Bab 4 menggunakan hyperlink
Menggunakan hyperlink akan memudahkan kita dalam presentasi, misalnya membuat halaman main menu dan sebagainya, kita bisa berkreasi dengan menggunakan hyperlink yang ada di power point ini. Baca selengkapnya...

Bab 5 menambahkan animasi 
Bermain main dengan animasi, kita akan coba membuat animasi dengan menggunakan power point. Dengan menambahkan animasi, kita bisa berkreasi sesuka hati kita untuk membuat suatu hasil yang menarik. Misalnya kita bisa membuat animasi loading, charge, komik, dan sebagainya. Baca selengkapnya...
Next Article
Newer Post
Previous Article
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

Format untuk memasukkan gambar [img]url gambarnya[/img]
Untuk tebal <b>teksnya</b>
Untuk miring <i>teksnya</i>
Untuk memasukkan kode [code]kodenya di sini[/code]
Menyisipkan link aktif akan langsung terhapus :)