Kembali ke bab 2 tentang pengenalan Power Point

Membuat Power Point yang Sederhana namun Menarik - Postingan sebelumnya kita telah mengenal karakteristik slide power point yang menarik, dan berbagai tools yang sering digunakan pada microsoft power point. Langkah selanjutnya yaitu di bab 3, pada bab ini kita akan mencoba untuk membuat slide presentasi yang sederhana namun menarik.

Sebelum kita langsung ke langkah-langkahnya, alangkah lebih baik kita mencari inspirasi untuk membuat slide yang kita inginkan. Kalau saya sendiri senang melihat presentasi karya Jesse Desjardins untuk menjadi inspirasi, seperti pada salah satu slidenya yang berjudul You Suck at Power Point.

Penyajiannya keren, nampak profesional, dan enak untuk dipandang. Untuk melihat berbagai slidenya bisa dengan mengunjungi http://www.slideshare.net/jessedee/presentations

Membuat Power Point yang Sederhana namun Menarik

Cara Membuat Presentasi di Power Point: Sederhana Namun Menarik

Dengan melihat-lihat lihat karya orang lain, sekarang kita telah menemukan inspirasi. Sekarang ayo kita buat!

Hal yang diperlukan sebelum membuat slide presentasi.

Sebelumnya kita cari dulu bahan-bahan yang ingin kita terapkan pada slide, seperti font, gambar, video, dan keperluan yang lainnya.

Font 
Untuk font, kita bisa mendownload di dafont.com atau search di Google. Pilihlah font yang simple, saya biasanya memilih font yang berjenis Sans Serif, atau sesuai dengan kebutuhan.

Cara Membuat Presentasi di Power Point: Sederhana Namun Menarik

Gambar
Untuk gambar sendiri, kita bisa mencarinya di Google, atau dengan mendownload pada website penyedia gambar gratis bebas hak cipta. Pilih gambar yang bisa meng-ilustrasi-kan apa yang ada pada slidenya.

Cara Membuat Presentasi di Power Point: Sederhana Namun Menarik

Video
Tambahkan juga video yang berhubungan dengan apa yang presentasikan, dan tentunya pilihlah yang semenarik mungkin.

Cara Membuat Presentasi di Power Point: Sederhana Namun Menarik

Kombinasi warna
Dan juga jangan lupa untuk membuat kombinasi warna yang sesuai, coba cari di Google dengan kata kunci "Color scheme" atau "Color combination". Pilihlah salah satu pilihan warna yang sesuai dengan keinginan kita, seperti contoh di bawah ini.

Cara Membuat Presentasi di Power Point: Sederhana Namun Menarik


Mari kita buat

Setelah kita telah mengumpulkan semua bahannya, sekarang ayo kita buat.

Menentukan ukuran slide
Sebelumnya kita harus mengatur ukuran dari slide yang akan kita buat . Pilihlah slide yang sesuai dengan keinginan apakah ingin yang lebar, ingin yang sedang, atau ingin menentukan sendiri ukurannya.

Ukuran dari slide dapat kita tentukan dari banyaknya objek yang terdapat dalam slide. Jika objeknya banyak, maka pilihlah ukuran yang lebar.

Menentukan ukuran slide: pergi ke tab design > Slide size.

Membuat slide pembuka
Reset layout yang ada pada slide. Letakkan gambar yang sudah disiapkan. Tulis juga text yang dibutuhkan sebagai pembuka (Biasanya berupa Judul). Kalau perlu tambahkan juga shapes sebagai pelengkap.

Reset layout: pergi ke tab home > layout > blank.
Menyisipkan gambar: Tab Insert > Pictures.
Menulis text: Tab Insert > Text Box.
Menyisipkan shapes: Tab Insert > Shapes.

Slide yang saya buat kebanyakan tidak menggunakan layout bawaan dari power point, jadi saya senang untuk membuat layout sendiri.

Kira-kira seperti ini.

Cara Membuat Presentasi di Power Point: Sederhana Namun Menarik
Contoh yang sudah jadi.

Coba kita lihat pada judul dan gambar yang ada pada slide ini, keduanya sejalan. Judul yang seolah-olah menantang dengan gambar orang yang berekspresi serius memang tepat untuk digunakan.

Pilihan warnanya sesuai dengan kombinasi warna yang telah kita tentukan, dan kita atur juga dengan sedemikian rupa sehingga text mudah untuk dibaca oleh pembaca.

Membuat slide isi presentasi
Ingat poin pertama pada bab 1, yaitu "power point bukanlah suatu makalah". Pada isi dari slide presentasi kita hanya perlu menyisipkan kata kunci atau jika perlu tambahkan juga text pelengkap seperlunya saja pada slide yang akan kita bahas.

Buat slide baru, lalu masukkan isi slide yang sesuai.

Membuat slide baru: Home > New Slide.

Seperti ini contohnya.

Cara Membuat Presentasi di Power Point: Sederhana Namun Menarik
Contoh yang sudah jadi.

Contohnya seperti diatas, saya membuat hanya kata kuncinya saja dan teks pelengkap berupa keterangan yang pendek. Dari isi yang tadinya berbentuk poin-poin (menggunakan bullet atau numbering), sekarang kita hilangkan, dan ubah menjadi gaya yang berbeda.

Cara Membuat Presentasi di Power Point: Sederhana Namun Menarik
Ubah bullet dan nubering

Membuat grafik
Hasil data kita rubah, yang tadinya berbentuk suatu paragraf berpoin atau tabel, kita ubah menjadi suatu grafik. Hal ini digunakan agar mudah dalam membaca data tersebut.

Menyisipkan grafik: Pilih Tab Insert > Chart.

Cara Membuat Presentasi di Power Point: Sederhana Namun Menarik
Memasukkan data ke grafik.

Mungkin disini kita sudah bisa membaca cara memasukkan datanya dari penjelasan di atas. Cobalah lihat pada contoh dibawah ini, slide yang mana yang enak dibaca, bagian kanan atau kiri.

Cara Membuat Presentasi di Power Point: Sederhana Namun Menarik
Sajikan data dengan chart (grafik).

Bagian kanan akan lebih mudah untuk membacanya, dan dari segi waktu membaca pun slide kanan akan lebih singkat dibandingkan slide kiri.

Untuk membandingkan mana yang lebih baik mana yang lebih buruk dapat melihat dari tinggi dan rendah grafiknya.

Pada grafik diatas, perbedaan warna pada setiap batang menunjukkan data yang berbeda-beda pada suatu tempat.

Menyisipkan Video
Untuk memaksimalkan presentasi kita, tidak ada salahnya untuk menyisipkan sebuah atau beberapa video.

Menyisipkan video: Pilih Tab Insert > Video.

Cara Membuat Presentasi di Power Point: Sederhana Namun Menarik
Illustrasi.

Dengan menambahkan video yang tepat, para audiens pasti tidak akan bosan dengan presentasi kita. Dengan video para audiens bisa menyerap informasi dengan mudah.

Nah begitulah kira-kira. Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan untuk menuliskannya di kolom komentar.

Dari langkah-langkah diatas setidaknya kita telah bisa membuat power point yang menarik, enak dipandang, dan juga terlihat profesional.

Bagaimana jika kita lebih dalam lagi dalam pembuatan power point, seperti menggunakan fungsi hyperlink. Jika kita klik di objek tertentu, maka akan tampil sesuatu yang telah kita tentukan. Misalnya ketika kita klik teks "video", maka akan tampil videonya. Atau ketika berada pada slide pertama, kita mengklik teks yang bertuliskan "slide ke-4", maka akan langsung pindah ke slide ke-4, tanpa melewati terlebih dahulu slide yang sebelumnya yaitu slide ke-2 dan ke-3.

Untuk mempelajarinya silakan untuk klik tautan dibawah.

Selanjutnya bab 4 bermain-main dengan hyperlink
Next Article
Newer Post
Previous Article
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

Format untuk memasukkan gambar [img]url gambarnya[/img]
Untuk tebal <b>teksnya</b>
Untuk miring <i>teksnya</i>
Untuk memasukkan kode [code]kodenya di sini[/code]
Menyisipkan link aktif akan langsung terhapus :)