Pada postingan sebelumnya, sebelum membuat homescreen yang keren, saya telah membuat artikel mengenai pemilihan launcher untuk membuat homescreen, nah pada kesempatan kali ini kita akan menyambungkan materi yang sebelumnya dibahas dengan materi yang akan dibahas sekarang ini, berikut adalah.

Cara Membuat Homescreen Android yang Keren

Cara Membuat Homescreen Android yang Keren

Sebelumnya ada beberapa hal yang harus diketahui mengenai membuat homescreen ini, diantaranya:
  • Android akan menghabiskan banyak memori RAM karena menggunakan banyak widget dan aplikasi lainnya secara bersamaan.
  • Tetapi android akan terlihat keren dan berbeda dengan orang lain.

Jadi sesuaikan homescreen android kita dengan kemampuan performanya agar tidak terlalu membebani RAM.

Untuk membuat homescreen yang keren, ada beberapa aplikasi yang biasanya kita butuhkan, diantaranya:
  • Launcher.
  • Widget.
  • Wallpaper.
  • Aplikasi Tambahan (Tasker, Popup Widget, dll.).

Untuk launcher kita sudah membahasnya pada postingan sebelumnya, mungkin sekarang langsung saja ke bagian selanjutnya, yaitu Widget.

Widget yang Sering Digunakan

Ada beberapa widget yang bisa kita gunakan untuk membuat suatu android homescreen yang keren, diantaranya adalah:

UCCW
Cara Membuat Homescreen Android yang Keren

Aplikasi widget ini dipakai pada waktu pertama saya mengenal dunia homescreen, kita bisa membuat widget dengan sesuai keinginan kita sendiri, membuat berbagai macam bangun datar, menambahkan teks, mengintegrasikan dengan Tasker, dan masih banyak lagi.
Cara Membuat Homescreen Android yang Keren

Sayangnya aplikasi ini tidak terlalu smooth ketika diterapkan, pada saat pergantian (animasi) pun terkadang ada delay-nya.

Zooper Widget
Cara Membuat Homescreen Android yang Keren

Ini aplikasi yang populer digunakan untuk membuat homescreen android kita menjadi keren. Aplikasi ini sama seperti UCCW, kita dapat membuat widget sesuka hati kita, tetapi berbeda dalam performanya.
Cara Membuat Homescreen Android yang Keren

Aplikasi ini lebih smooth dibandingkan dengan UCCW, dan delay-nya pun tidak terlalu parah seperti UCCW. Aplikasi ini cocok untuk kita gunakan dalam membuat homescreen yang keren.

Wallpaper yang Digunakan

Cara Membuat Homescreen Android yang Keren

Untuk masalah wallpaper, biasanya kita membuatnya sendiri, tapi kalau lagi males bisa ngambil gambarnya dari Google atau download aplikasi wallpaper dan comot wallpapernya. Dan terkadang tidak memerlukan wallpaper sama sekali karena widget menutupi semua homescreen. Jadi atur-atur dengan keinginan kita.

Aplikasi Tambahan

Untuk membuat homescreen yang keren, tidak cukup untuk menggunakan 3 hal yang disebutkan diatas, ada juga aplikasi tambahan yang memang bermanfaat sekali untuk kita dalam membuat suatu homescreen android, berikut diantaranya:

Tasker
Cara Membuat Homescreen Android yang Keren

Aplikasi ini sangat membantu sekali untuk kita membuat homescreen yang lebih interaktif, kita bisa membuat perintah suara, membuat tonggle (contoh: mengaktifkan wifi dengan menekan bagian tertentu widget), dan masih banyak lagi yang semuanya dapat diintegrasikan dengan aplikasi-aplikasi widget yang sudah disebutkan diatas.

Popup Widget
Cara Membuat Homescreen Android yang Keren

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini mampu menampilkan popup yang didalamnya adalah suatu widget, entah itu zooper, music player, apapun itu dengan ini kita bisa menerapkan berbagai widget yang ditampilkan secara popup.

Widget Locker
Cara Membuat Homescreen Android yang Keren

Sebenarnya aplikasi ini bukan sebagian dari homescreen, melainkan lockscreen. Dengan aplikasi ini kita dapat membuat, merancang, dan mendesain sendiri lockscreen yang ada pada hp android kita dengan memasang berbagai macam widget kedalamnya.

Media Utilities
Cara Membuat Homescreen Android yang Keren

Dengan aplikasi ini kita bisa membuat suatu music player dengan memadukannya bersama zooper widget, dan tentunya dengan keinginan kita sendiri (baca: cara membuat music player dengan zooper widget).

Dan masih banyak lagi aplikasi yang bisa kita padukan..

Lalu Untuk Membuat Homescreen Keren Gimana Caranya?

Cara Membuat Homescreen Android yang Keren

Kita bisa melihat-lihat terlebih dahulu karya orang lain sebagai inspirasi, seperti di situs mycolorscreen.com atau juga di channel youtubenya. Disana kita bisa mendapatkan banyak inspirasi dan dengan adanya channel youtube kita bisa belajar dengan mudah melalui videonya.


Mulailah membuat homescreen yang simple, lalu mulai mempadukannya dengan tasker, popup widget, lalu aplikasi bantuan lainnya agar homescreen kita terlihat keren.

Untuk melihat kumpulan tutorial tentang homescreen bisa mengunjungi: http://www.kangghani.com/search/label/Homescreen

Mungkin sekian dari saya dari postingan kali ini, terimakasih telah mengunjungi blog saya, tunggu update selanjutnya dan semoga bermanfaat.

Silakan untuk berkomentar.
Next Article
Newer Post
Previous Article
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

Format untuk memasukkan gambar [img]url gambarnya[/img]
Untuk tebal <b>teksnya</b>
Untuk miring <i>teksnya</i>
Untuk memasukkan kode [code]kodenya di sini[/code]
Menyisipkan link aktif akan langsung terhapus :)