Cara Membuat Blog Gratis dan Keren - Disini akan dibahas mengenai cara mudah membuat suatu blog yang pastinya gratis dan keren untuk seorang pemula, akan dibahas secara lengkap dari awal sampai bisa mengelola blog sendiri, dan juga caranya tidak ribet.

Pengantar
Banyak orang yang mencari informasi dari internet, ketika ditelusuri informasi tersebut bersumber dari blog seseorang. Setelah melihat isi dari blog tersebut akhirnya tertarik untuk membuat blog karena ada keinginan untuk share pengalaman, atau apapun, di sisi lain ada yang berfikir bagaimana caranya agar membuat blog gratis agar tidak mengeluarkan biaya, dan juga ada yang berfikir bagaimana cara agar blog tersebut menjadi keren, dan tapi masalahnya adalah saya masih pemula, tidak tahu apa-apa soal blogging.

Tapi tenang, pada kesempatan kali ini saya akan share bagaimana cara membuat blog dari awal untuk pemula, dari membuat akun google sampai setidaknya tahu bagaimana ruang lingkup dalam masalah blogging, berikut saya bahas.

Cara Membuat Blog Gratis dan Keren untuk Pemula

Cara Membuat Blog Gratis dan Keren untuk Pemula

Untuk para pemula saya sarankan menggunakan layanan blogger (blogspot) dari Google, mengapa? karena penggunaan blogger lebih mudah daripada layanan lainnya seperti wordpress, joomla, dan layanan CMS lainnya, dan juga ada beberapa hal yang harus kita tentukan terebih dahulu sebelum membuat blog, berikut diantaranya.

Tentukan Tujuan Ngeblog

Tentukanlah tujuan kita untuk ngeblog, apakah untuk sekedar mengerjakan tugas dari dosen, berbagi ilmu, berbagi pengetahuan, untuk sekedar bergaya, atau untuk menghasilkan uang? yang pastinya setiap orang bisa berbeda-beda tujuan.

Tentukan Niche Blog

Niche apa kang? niche bisa disebut juga topik yang akan dibahas di blog kita, tentukanlah topik yang sesuai dengan kemampuan kita, jika kita jago programming, maka kita buat blog yang membahas tentang topik tersebut, jika kita anak kedokteran, maka kita buat blog tentang kesehatan, dan sebagainya, karena jika kita menulis dengan didasari oleh kemampuan kita, maka kita tidak akan kehabisan ide untuk terus menulis pada blog tersebut.

Manfaat dari Ngeblog

Sesuatu yang dibuat pasti ada manfaatnya, sama seperti saat kita membuat blog, nah terus apa yang bisa kita ambil dari ngeblog? berikut diantaranya.

Melatih Menulis

Tentu saja, dengan terus-menerus blogging, kita secara tidak langsung sedang melatih penulisan kita, belajar bagaimana mengeluarkan apa yang ada pada otak kita, hati kita pada tulisan yang kita buat. Jika sehari saja kita membuat 1 postingan, sebulan kita sudah membuat 30 postingan, setahun kita sudah membuat 360 postingan, apalagi yang seharinya 2 atau 3 postingan atau lebih, bisa dibanyangkan seberapa banyaknya mereka melatih penulisannya.

Membantu Orang Lain

Ketika kita membuat blog, dan blog tersebut banyak yang mengunjungi serta informasi yang disuguhkan sangatlah lengkap, maka orang yang mengunjungi blog kita itu sudah terbantu akan adanya postingan dari blog kita tersebut, selain itu jika kita niatkan membuat blog untuk membantu orang lain, maka insyaallah kita juga akan menambah nilai ibadah kita, akan tetapi itu juga kalau informasinya yang positif, jika tidak ya malah sebaliknya.

Menambah Teman

Dengan terbantunya orang lain dari blog kita, tekadang ada beberapa orang yang memang sengaja mencari kontak kita untuk memudahkan dalam komunikasi, agar ketika mereka ada kesusahan, mereka tinggal menghubungi kontak kita, dan bersamaan dengan itu, secara tidak langsung kita juga telah menambah jumlah teman kita.

Dan Masih Banyak Lagi

Yang pastinya masih banyak lagi apa manfaat dari membuat blog.

Mari Membuat Blog

Cara Membuat Blog Gratis dan Keren untuk Pemula

Tadi adalah beberapa hal yang perlu diketahui sebelum kita membuat blog, nah sekarang kita akan mulai bagaimana cara membuat blog gratis dengan mudah, berikut adalah langkah-langkahnya.

Membuat Akun Google

Karena disini kita akan membuat blog dengan layanan dari Google yaitu Blogger, maka kita harus terlebih dahulu membuat akunnya, baca postingan berikut Cara Membuat Akun Google.

Membuat Blog di Blogger

Sekarang waktunya untuk membuat wadah suatu karya, sebenarnya mudah sekali untuk membuat blog jika kita sudah memiliki akun Google, berikut langkah-langkahnya.

  1. Kunjungi blogger.com
  2. Masuk dengan akun Google.
    Cara Membuat Blog Gratis dan Keren untuk Pemula
  3. Pilih jenis profil yang nantinya akan ditampilkan pada blog kita, pilih salah satunya, disini saya memilih profil Google+.
    Cara Membuat Blog Gratis dan Keren untuk Pemula
  4. Pilih Tingkatkan.
    Cara Membuat Blog Gratis dan Keren untuk Pemula
  5. Kita lewati saja, pilih Lanjutkan, Selesai, Tetap lanjutkan.
  6. Pilih lanjutkan ke Blogger.
    Cara Membuat Blog Gratis dan Keren untuk Pemula
  7. Sekarang kita ada di halaman awal Blogger kita.
    Cara Membuat Blog Gratis dan Keren untuk Pemula
  8. Pilih Buat Blog Baru.
  9. Masukan judul blog (Nama Blog), alamat/url blog, dan pilih template/tema blognya.
    Cara Membuat Blog Gratis dan Keren untuk Pemula
  10. Pilih Buat Blog!.
  11. Dan blogpun selesai dibuat.
Cara Membuat Blog Gratis dan Keren untuk Pemula
Tampilan halaman awal pengelolaan blog

Tapi ini belum selesai, ada beberapa langkah lagi yang harus kita kerjakan, berikut diantaranya.

Konfigurasi Blog

Ada beberapa hal yang harus kita rubah pada pengaturan blog kita, berikut diantaranya.

Pergi ke Setelan > Dasar, edit deskripsi blog kita, maksimal deskripsinya adalah 500 karakter.
Cara Membuat Blog Gratis dan Keren untuk Pemula

Masih di tempat yang sama, rubah juga Ketersediaan HTTPS agar blog dan pengunjung blog kita aman.
Cara Membuat Blog Gratis dan Keren untuk Pemula

Pergi ke Setelan > Preferensi Penelusuran, aktifkan deskripsi Tag Meta, lalu masukkan deskripsinya, dan simpan.
Cara Membuat Blog Gratis dan Keren untuk Pemula

Pergi ke Setelan > Lainnya, rubah pada Izinkan Umpan Blog menjadi Singkat, lalu Simpan Setelan.
Cara Membuat Blog Gratis dan Keren untuk Pemula

Halaman yang Harus Ada

Kita juga jangan hanya ngeblog doang, ada beberapa halaman yang disarankan harus ada di blog kita, apalagi yang nantinya ingin mendaftar menjadi publisher Adsense, berikut diantaranya adalah halaman disclaimer, privacy policy, contact, dan halaman about, untuk langkah-langkah pembuatannya kunjungi halaman di bawah ini.

Cara Membuat Halaman Disclaimer

Cara Membuat Halaman Privacy Policy

Cara Membuat Halaman Contact

Cara Membuat Halaman About

Mengganti Template

Template bisa saja kita sebut tema dalam arti desain tampilan yang akan kita terapkan pada blog kita, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dalam pemilihan template, berikut diantaranya.

Pilihlah Template yang Responsif
Responsif di sini adalah tampilan blog kita yang mudah menyesuaikan dengan berbagai ukuran layar perangkat.

Pilihlah Template yang SEO Friendly
Pilihlah template yang SEO Friendly, tempate yang seo akan membantu kita menjadi peringkat awal pada mesin pencari Google, Bing, dll. Disini ada beberapa rekomendasi dari saya tempat untuk mendownload template.

Mas Sugeng
Damar Zaky
Mastemplate

Template yang berada pada blog tersebut sudah memenuhi 2 point tersebut, jadi kita tidak usah khawatir.

Jika kita sudah mendownload templatenya, sekarang waktunya untuk menerapkannya pada blog kita, silakan baca Cara Mengganti Template Blog.

Mendaftarkan ke Google Webmaster Tools

Mendaftarkan blog kita ke Google Webmaster Tools bertujuan agar kita lebih mudah lagi dalam pengelolaan blog kita, seperti mengetahui kesalahan struktur blog, mengetahui kecepatan loading blog, dll. Selain itu juga membantu dalam mempercepat proses index oleh robot Google sehingga blog kita tampil di halaman pencarian Google.

Baca: Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools

Selain itu kita juga harus mengirimkan peta situs (sitemap) ke Google Webmaster Tools.

Baca: Cara Mengirimkan Sitemap ke Google Webmaster Tools

Mendaftarkan ke Google Analytics

Agar kita lebih mudah menganalisa blog kita, seperti pengunjung blog kita, dan yang sebagainya, tidak ada salahnya untuk mendaftarkannya ke Google Analytics.

Baca: Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytics

Mendaftarkan ke Alexa

Cara ini bertujuan agar kita lebih mudah untuk mengetahui posisi peringkat blog kita, dalam internasional maupun lokal (Indonesia).

Baca: Cara Mendaftarkan Blog ke Alexa

Mendaftarkan ke Histats

Sama seperti Google Analytics, Histats juga digunakan untuk menganalisa blog kita, apalagi dalam analisa pengunjung blog kita.

Baca: Cara Mendaftarkan Blog ke Histats

Mulai untuk menulis

Untuk memulai menulis pada blogger, pilih ikon Pensil yang berada di bagian kiri atas, atau dengan memilih Entri Baru.
Cara Membuat Blog Gratis dan Keren untuk Pemula

Panduan lainnya

Sebenarnya masih banyak lagi panduan yang tersedia, untuk lebih lengkapnya bisa mengunjungi.

Daftar Postingan Tentang Blogging

Bagaimana? Cukup lengkap dan mudah bukan langkah-langkah untuk membuat blog gratis? mungkin sekian dari saya tentang cara membuat blog gratis dan keren untuk pemula, terimakasih telah mengunjungi blog saya dan semoga bermanfaat.

Silakan untuk berkomentar.
Next Article
Newer Post
Previous Article
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

Format untuk memasukkan gambar [img]url gambarnya[/img]
Untuk tebal <b>teksnya</b>
Untuk miring <i>teksnya</i>
Untuk memasukkan kode [code]kodenya di sini[/code]
Menyisipkan link aktif akan langsung terhapus :)