Jumat, 01 Januari 2016

Cara Cek Kecepatan Akses Internet secara Online

Cara Cek Kecepatan Akses Internet secara Online - Internet sekarang ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari kita. Akses internet yang cepat akan membantu kita dalam mencari informasi. Terkadang kita penasaran berapa kecepatan/ speed internet yang sedang kita pakai. Maka dari itu kita harus mengeceknya. Berikut akan kita bahas.

Cara Cek Kecepatan Akses Internet

Cara Cek Kecepatan Akses Internet secara Online

Pada kali ini kita akan melakukan cek speed internet dengan menggunakan tool yang ada di internet atau bisa dikatakan secara online. Adapun tools yang akan kita gunakan pada kali ini diantaranya ada 2, yaitu speedtest dan cyberindo aditama speed test. Berikut langkah-langkahnya.

Menggunakan Speedtest
Kunjungi speedtest.net, pilih begin test, tunggu hingga proses selesai, dan lihat seberapa cepat koneksi internetnya.

Cara Cek Kecepatan Akses Internet secara Online

Menggunakan Cyberindo Aditama Speed Test
Kunjungi speedtest.cbn.net.id, pilih begint test, tunggu prosesnya, dan silakan untuk melihat kecepatannya.
Cara Cek Kecepatan Akses Internet secara Online

Yang harus kita ketahui tentang cek speed internet ini adalah satuan kecepatannya, ada yang Mbps, dan juga ada yang MBps, keduanya tidak sama.

Mungkin kita akan mengira kecepatan pada speed test akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan download yang tampil pada saat downloading. Tetapi itu sama saja.

Kebanyakan pengaturan default untuk speed test adalah menggunakan Mbps, sedangkan pada aplikasi download seperti IDM menggunakan MBps.

Mbps adalah singkatan dari Mega bit per second, sedangkan MBps adalah Mega byte per second. 1 byte adalah 8 bit. Jadi kalau misalkan pada speed test menunjukkan angka 20Mbps, berarti angka tersebut harus dibagi 8 menjadi 20/8=2.5 MBps lalu angka tersebut yang sering digunakan pada aplikasi download, dan terkadang bagi yang belum tahu, akan mengira speed internet pada speed test akan jauh lebih cepat dengan speed internetnya, padahal sama saja.

Nah sekarang bagaimana cara mempercepat koneksi internet kita? Silakan mampir ke 9 cara mempercepat koneksi internet dengan tepat.

Mungkin sekian dari saya tentang Cara Cek Kecepatan Akses Internet secara Online, terimakasih telah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.

Silakan untuk berkomentar.

Orang biasa yang senang belajar. Senang ngoprek dan menulis sesuatu yang berbau teknologi, desain grafis, dan hal random lainnya.

Give us your opinion

Silakan Berkomentar