9 Cara Mempercepat Koneksi Internet yang Paling Terbukti Ampuh - Pada jaman sekarang ini kegunaan internet sangat diperlukan sekali. Sama halnya dengan nasi, internet sekarang ini seolah-olah menjadi kebutuhan primer banyak orang di dunia. Dengan kehadiran internet, semua orang dengan mudahnya dapat mengambil informasi, entah itu informasi yang baik maupun yang buruk.

Akan tetapi pada beberapa pengguna merasakan koneksi internetnya yang lemot, lama, sehingga informasi yang diinginkannya tidak kunjung sampai dengan segera. Maka dari itu kita harus mengetahui cara mempercepat koneksi internet dengan tepat. Berikut akan kita bahas.

Cara Mempercepat Koneksi Internet yang Paling Terbukti Ampuh

9 Cara Mempercepat Koneksi Internet yang Paling Terbukti Ampuh

Banyak orang yang melakukan optimasi terhadap perangkatnya agar koneksi internetnya, tapi optimasi juga belum cukup, berikut diantaranya cara untuk mempercepat koneksi internet.

1. Mengubah Pengaturan Bandwidth
Tekan Tombol Windows + R > ketikkan gpedit.msc > Ok > Pilih Komputer Configuration > Administrative Templates > Network > QoS Packet Scheduler.
Double klik pada Reservable Bandwidth > Pilih Enable > Rubah Bandwidth Limit menjadi 0 > Pilih Apply > lalu Ok.

9 Cara Mempercepat Koneksi Internet yang Paling Terbukti Ampuh
Langkah mengubah peraturan bandwidth

2. Mengganti DNS 
Pilih start > Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > Local Area Connection / Wireless Network Connection > Properties > Internet Protocol Version 4 > Pilih Use the following DNS server addresses.
Masukkan Preferred DNS server: 8.8.8.8
Masukkan Alternate DNS server: 8.8.4.4
Pilih Ok.

9 Cara Mempercepat Koneksi Internet yang Paling Terbukti Ampuh
Langkah mengganti DNS

3. Menggunakan DNS Cache
Buka notepad > Copy dan pastekan kode dibawah ini ke dalamnya.
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Dnscache\Parameters]
 "CacheHashTableBucketSize"=dword:00000001
 "CacheHashTableSize"=dword:00000180
 "MaxCacheEntryTtlLimit"=dword:0000fa00
 "MaxSOACacheEntryTtlLimit"=dword:0000012d

Simpan dengan nama dnscache.reg, jangan lupa pilih save as type: All files > Lalu double klik pada file tersebut.

9 Cara Mempercepat Koneksi Internet yang Paling Terbukti Ampuh
Pilih save as type: All Files.

4. Ketahuilah Lokasimu
Ketiga poin diatas mungkin hanya berpengaruh sedikit pada koneksi internet yang sedang kita pakai, poin-poin yang selanjutnya akan berpengaruh banyak agar mendapatkan koneksi yang lebih cepat.

Untuk mempercepat koneksi internet, kita harus mengetahui bagaimana keadaan lokasi kita ketika mengaksesnya. Apakah di dalam ruangan atau di luar ruangan, jika di dalam ruangan bahan untuk membuat temboknya dari apa? bata, beton, kayu, atau apa? Jika ada di luar ruangan, apakah tempatnya banyak gedung bertingkat, atau bagaimana. Apakah di daerah tersebut sudah banyak BTS apakah masih sedikit. Kita harus mengetahuinya.

Dinding yang terbuat dari kayu akan sedikit menghambat sinyal dibandingkan dengan dinding yang terbuat dari beton. Tempat yang banyak BTS akan lebih kuat sinyalnya dibandingkan dengan tempat yang BTSnya masih jarang, tapi ini juga tidak bisa dipastikan, karena BTS juga memerlukan optimasi agar penggunanya memiliki pengalaman yang baik dalam menangkap sinyal. Daerah yang banyak gedung tinggi akan lebih menghambat dibandingkan dengan gedung yang biasa saja.

Jarak antar BTS dengan perangkat juga bisa menentukan kecepatan koneksi internet juga, semakin dekat semakin baik, tetapi tidak bisa dipastikan juga karena ada hal-hal lainnya yang mempengaruhinya (akan dibahas di poin berikutnya).

Itu jika yang menggunakan jaringan seluler, kalau yang menggunakan jasa internet kabel bagaimana? Ada sedikit kesamaan juga, karena kebanyakan pengguna internet kabel menggunakan perangkat wifi untuk meradiasikan sinyalnya, seperti pengaruh bahan tembok terhadap sinyal yang dipancarkan. Untuk tambahannya akan dibahas di poin berikutnya.

5. Untuk yang menggunakan UTP
Coba cek apakah ada kabel yang mulai rusak, kalau ada ganti dengan yang lebih bagus, kalo kabel UTP rekomen pakai merek BELDEN atau AMP juga udah cukup (hati-hati juga saat membelinya karena katanya ada yang palsunya), dan juga lihat konektornya, masih bagus kagak, kalau udah jelek ganti aja,

6. Kalau yang sudah memakai serat optik
Cek apakah ada bending (kabel melengkung), kalau ada coba luruskan, periksa juga konektornya apakah tertancap dengan baik atau tidak. Berhati-hatilah ketika mengeceknya karena serat optik terbuat dari kaca, kalau kurang hati-hati nanti seratnya malah putus, dan menyebabkan LOS (tidak bisa koneksi internet) yang bisa kita lihat di ONT nya ada indikator warna merah.

7. Ketahuilah Perangkat yang Digunakan
Perangkat dengan spesifikasi yang tinggi dan berkualitas memang perlu digunakan kalau ingin merasakan cepatnya koneksi internet. Memakai modem/mifi 4G akan lebih cepat koneksi internetnya dibandingkan dengan modem yang menggunakan 3G.

Untuk memilihnya coba konsultasikan ke penjualnya, dan biasakan untuk membeli device langsung ke galerinya, agar yang menanganinya lebih profesional.

Tapi ini juga harus melihat dari poin pertama juga dan poin yang selanjutnya.

8. Mengandalkan Provider yang Tepat
Perangkat sudah memadai, tempat sudah strategis, tapi masih menggunakan provider yang tidak optimal di tempat tersebut, jangan harap kita bisa merasakan koneksi internet yang cepat. kita bisa bertanya pada teman, tetangga, keluarga yang se-daerah untuk mengetahui provider internet yang cepat.

Tapi ini juga belum cukup, yaitu.

9. Mengganti Paket Internet
Perangkat, tempat, dan provider sudah memadai, tetapi paket yang digunakan belum atau tidak tepat, maka kita harus menggantinya dengan paket yang lebih tepat, dan pastinya paket tersebut sudah dibuktikan memang joss ditempat tersebut, kita bisa menanyakannya kembali kepada teman, tetangga, atau keluarga kita.

Pilihlah paket yang murah tapi tidak murahan, biasanya ada penjual di konter-konter hp yang menjual kartu yang sudah dipaketkan, dan tentunya harganya lebih murah dari harga yang biasanya.

Nah kalau sudah menerapkan cara di atas, silakan untuk cek kecepatan akses internet agar kita tahu perbedaan sebelum dan sesudahnya.

Pesan:
Kalau sedang internetan di tempat umum jangan gunakan software pemutus koneksi untuk mempercepat koneksi internet! kasihan orang lain juga ingin menggunakannya dengan normal, jangan berprilaku serakah.

Nah itu tadi adalah cara mempercepat koneksi internet yang Paling Terbukti Ampuh. Mungkin sekian dari saya, terimakasih telah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.

Silakan untuk berkomentar.
Next Article
Newer Post
Previous Article
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

Format untuk memasukkan gambar [img]url gambarnya[/img]
Untuk tebal <b>teksnya</b>
Untuk miring <i>teksnya</i>
Untuk memasukkan kode [code]kodenya di sini[/code]
Menyisipkan link aktif akan langsung terhapus :)