Rabu, 09 Desember 2015

Cara Membuat Floating Window di Ponsel Android

Assalamu'alaikum wr wb

     Floating window di android berfungsi untuk membuka sekaligus beberapa aplikasi secara bersamaan, untuk menerapkannya ponsel android kita harus rooted terlebih dahulu, untuk cara rootnya bisa dengan membaca Cara Root Android, berikut akan kita bahas.
.

Cara Membuat Floating Window di Ponsel Android

     Untuk menerapkannya kita akan membutuhkan 2 aplikasi, yaitu Xposed Installer dan XHaloFloatingWindow, bukan hanya itu, ponsel android kita juga harus rooted terlebih dahulu, untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:

Menginstall Xposed Framework


  1. Download aplikasinya di sini.
  2. Install lalu buka aplikasinya.
  3. Pilih Framework > Install/Update > Reboot

Konfigurasi Floating Window


  1. Download aplikasinya di sini.
  2. Install aplikasinya.
  3. Buka Xposed Installer > Modules > Centang XHaloFloatingWindow dan buka aplikasinya.
  4. Slide ke paling kanan ke Testing Area, jika ada tulisan "The module is active" berwarna hijau coba cek dengan memilih salah satu dari launch xposed installer atau launch setting, jika sudah terbuka dengan mode floating, berarti tinggal mengkonfigurasikan sedikit lagi.
  5. Slide ke kiri ke Movable & Resizeable > Nyalakan > Resizing Setting > Centang Live Resize Updating, ini berguna untuk bisa memindahkan dan merubah ukuran windownya.
  6. Slide ke kiri ke Main Setting > Popup Behavior > Whitelist Apps > Close Forever > Pilih tanda "+" di pojok kanan atas > Pilih aplikasi yang akan dibuka dengan mode floating.
  7. Sekarang keluar dari aplikasi tersebut lalu coba buka aplikasi-aplikasi yang akan dibuka dengan mode floating.

      Berikut adalah screenshootnya:

Cara Membuat Floating Window di Ponsel Android
Floating Windows
Cara Membuat Floating Window di Ponsel Android
Membuka 2 aplikasi bersamaan


     Mode floating window ini bisa berguna ketika kita ingin membaca sesuatu artikel dalam bahasa inggris tetapi kita kurang paham kata-katanya, nah dengan aplikasi ini kita akan sangat terbantu, jadi kita bisa membuka sekaligus 2 atau lebih aplikasi, yang satu untuk membuka artikelnya, yang satunya lagi untuk membuka kamusnya.

     Bagaimana? Mudah bukan untuk memasang Floating Window di android, mungkin sekian dari saya, terimakasih telah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.

    Untuk melihat kumpulan tutorial modding android lainnya klik http://www.kangghani.com/2015/11/kumpulan-cara-modding-android.html

Silakan untuk berkomentar.

Wassalamu'alaikum wr wb.

Orang biasa yang senang belajar. Senang ngoprek dan menulis sesuatu yang berbau teknologi, desain grafis, dan hal random lainnya.

1 komentar

  1. Terimakasih banyak sob, artikelnya sangat membantu.. tingkatkan 👍

    BalasHapus

Silakan Berkomentar