Pada postingan kali ini kita akan belajar tentang apa itu definisi jaringan komputer dan apa saja jenis-jenis dari jaringan komputer itu sendiri.

Di sini inshaAllah saya bahas selengkap mungkin, jadi teman-teman dapat mempelajarinya dari satu sumber saja. Berikut kita bahas..

Definisi Jaringan Komputer

Mengenal Apa itu Jaringan Komputer Lengkap Beserta Jenisnya
Jaringan Komputer adalah interkoneksi antara perangkat-perangkat yang mempunyai kemampuan untuk untuk melakukan komunikasi satu dengan yang lainnya melalui suatu media transmisi.

Di dalam suatu jaringan komputer, terdapat 2 jenis perangkat, yaitu End Device (Host) dan Connecting Device.

End device (host) adalah perangkat yang berada di akhir dari suatu jaringan. Contohnya: komputer, printer, laptop, dll.

Dan Connecting device adalah perangkat yang menghubungkan antara satu end device dengan end device lainnya, atau menghubungkan antara jaringan satu dengan jaringan lainnya. Contohnya: router, switch, modem, dll.

Tipe Koneksi

Mengenal Apa itu Jaringan Komputer Lengkap Beserta Jenisnya

Di dalam suatu jaringan, terdapat apa itu yang dinamakan tipe koneksi. Tipe koneksi di sini adalah bagaimana suatu perangkat terhubung dengan perangkat lainnya.

Terdapat dua macam tipe koneksi pada suatu jaringan, yaitu point-to-poin dan multipoint.

Point-to-point adalah tipe koneksi yang menghubungkan antara satu titik dengan satu titik.

Sedangkan Multipoint adalah tipe koneksi yang menghubungkan antara satu titik dengan banyak titik.

Titik disini bisa saja end device ataupun connecting device.

Tipe Komunikasi


Selain terdapat tipe koneksi, terdapat juga tipe komunikasinya, yaitu bagaimana cara suatu perangkat berkomunikasi dengan perangkat lainnya.

Terdapat tiga jenis tipe komunikasi berdasarkan arah komunikasi yang dapat dilakukan, yaitu simplex, half duplex, dan full duplex.

Simplex adalah komunikasi satu arah antara pengirm dan penerima. Jadi penerima tidak bisa mengirimkan informasi ke pengirim. Komunikasi ini bisa disebut dengan komunikasi broadcast, contohnya adalah komunikasi pada TV dan Radio.

Half Duplex adalah komunikasi dua arah antara pengirim dan penerima, namun dalam komunikasinya harus saling bergantian. Contoh dari komunikasi ini adalah Handy Talky.

Full Duplex adalah komunikasi dua arah antara pengirim dan penerima dan dapat melakukan komunikasi secara bersamaan. Contoh dari komunikasi ini adalah ketika melakukan panggilan telepon.

Topologi Jaringan

Mengenal Apa itu Jaringan Komputer Lengkap Beserta Jenisnya

Di dalam jaringan, terdapat sesuatu yang dinamakan topologi.

Topologi Jaringan adalah suatu cara atau skema yang dibuat untuk menentukan bagaimana suatu perangkat dapat terhubung dengan yang lainnya, sehingga perangkat tersebut dapat melakukan komunikasi antara perangkat lain yang terhubung dalam suatu jaringan.

Topologi dasar yang ada pada jaringan komputer terdapat 4 macam, yaitu topologi bus, ring, mesh, dan star.

Kita bisa menggabungkan dua jenis atau lebih topologi sehingga mendapatkan suatu yang dinamakan topologi hybrid.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Topologi Jaringan, Saya telah menuliskannya di postingan sebelumnya yang berjudul Mengenal Apa itu Topologi Jaringan.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer


Untuk memembedakan satu jenis jaringan dengan yang lainnya, mungkin kita akan kesulitan dan kadang-kadang memang membingungkan. Jadi di sini kita membedakannya dengan menggunakan beberapa kriteria seperti ukuran, cakupan geografis, dan sifat kepemilikannya. Lalu kita juga akan berbicara tentang internet dan Internet.

internet dan Internet sesungguhnya berbeda, di bawah akan dijelaskan perbedaannya.

Kita mulai dari LAN.

LAN (Local Area Network) adalah jaringan yang menghubungkan end device dalam satu bangunan atau tempat, dan kepemilikan jaringan LAN biasanya bersifat privasi. Contohnya seperti kumpulan komputer yang berada di lab atau kantor.
Mengenal Apa itu Jaringan Komputer Lengkap Beserta Jenisnya
WAN (Wide Area Network) adalah jaringan yang menghubungkan connecting device dalam satu area, ini bisa saja mencakup kota, provinsi, negara, bahkan bisa juga dunia.

Terdapat dua jenis dari jaringan WAN, yaitu point-to-point WAN dan switched WAN.

Point-to-Point WAN adalah suatu jaringan yang menghubungkan dua connecting device melalui sebuah media transmisi (kabel atau wireless).
Mengenal Apa itu Jaringan Komputer Lengkap Beserta Jenisnya
Switched WAN adalah suatu jaringan yang menghubungkan lebih dari dua connecting device, switched WAN adalah kombinasi dari banyak point-to-point WAN yang dihubungiak oleh beberapa switch.
Mengenal Apa itu Jaringan Komputer Lengkap Beserta Jenisnya
Nah lalu apa perbedaan internet dengan Internet?

internet (interconnected-networking) adalah ketika dua atau lebih jaringan terhubung (interkoneksi antar jaringan).
Mengenal Apa itu Jaringan Komputer Lengkap Beserta Jenisnya
Nah, untuk menjadikan beberapa jaringan menjadi bentuk internetwork, ada cara yang dinamakan switching. Pembahasan tentang switching ini akan dibahas pada postingan selanjutnya.

Sedangkan yang dimaksud Internet adalah gabungan dari ribuan jaringan internetworking.
Mengenal Apa itu Jaringan Komputer Lengkap Beserta Jenisnya

Postingan ini akan terus diupdate seiring dengan bertambahnya pengetahuan mengenai jaringan komputer, jadi silakan untuk mem-bookmark postingan ini agar dapat menemukannya dengan mudah.

Mungkin sekian dari saya tentang mengenal apa itu jaringan komputer lengkap beserta jenisnya, terimakasih telah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.

Silakan untuk berkomentar.

Sumber: Behrouz A. Forouzan, Data Communications and Networking Fifth Edition.
Next Article
Newer Post
Previous Article
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

Format untuk memasukkan gambar [img]url gambarnya[/img]
Untuk tebal <b>teksnya</b>
Untuk miring <i>teksnya</i>
Untuk memasukkan kode [code]kodenya di sini[/code]
Menyisipkan link aktif akan langsung terhapus :)