BBM vs Line - Banyaknya aplikasi instant messaging membuat kita kebingungan untuk memilih mana yang lebih bagus, kelebihan dan kekurangannya pun terkadang kita pertimbangkan untuk menentukannya. Karena bingung, terkadang kita menerapkan lebih dari satu aplikasi ini di hp Android, mungkin bisa dua, tiga, atau lebih karena keperluan.

Dengan adanya instant messaging ini kita mulai melupakan fungsi sms yang dulu pernah jaya di era sebelum android muncul, itu karena banyaknya firtur yang disuguhkan, seperti sticker, tampilan yang friendly, emoticon, dan lainnya.

BBM vs Line: Manakah yang Lebih Bagus?

BBM vs Line: Manakah yang Lebih Bagus?

Dari banyaknya aplikasi instant messaging, disini kita akan membandingkan antara 2 aplikasi yang populer, yaitu BBM dan Line. Disini kita akan menunjukkan kelebihan dan kekurangan dari 2 aplikasi tersebut, berikut kita bahas. Kita mulai dari BBM.

Blackberry Messenger aka BBM
BBM vs Line: Manakah yang Lebih Bagus?

Aplikasi ini dulu sebenarnya disediakan secara eksklusif hanya untuk pengguna perangkat Blackberry saja, tapi sekarang ini aplikasi tersebut dapat kita gunakan pada perangkat Android maupun iOS, dan disediakan secara gratis di Google Play Store.

Bertahun-tahun saya menggunakan aplikasi ini, dan mungkin inilah yang bisa saya dapatkan hingga saat ini mengenai kelebihan dan kekurangan BBM. Berikut diantaranya.

Kelebihan:
  1. Ada firtur Ping!!!, dengan ini kita bisa memberitahu teman-teman kita kalau kita membutuhkan respon segera.
  2. Firtur tarik pesan, kita bisa menarik kembali pesan yang sudah terkirim, ini berguna ketika kita typo atau salah dalam penulisan.
  3. Pesan berwaktu, kita bisa menentukan lama membaca pesan yang kita kirim ke lawan bicara.
  4. Mengirim file selain gambar.

Kekurangan:
  1. Aplikasinya berat, apalagi untuk hp Android yang low end terkadang saat load aplikasi terasa berat.
  2. Terkadang saat membuka aplikasinya pesan yang tersimpan blank sesaat.
  3. Terkadang gambar lawan bicara tidak muncul.
  4. Broadcast yang tidak penting terkadang mengganggu.

Line: Free Calls & Messages
BBM vs Line: Manakah yang Lebih Bagus?

Nah yang kedua adalah aplikasi Line, instant messanging ini memang bisa dikatakan pesaingnya BBM karena firtur dan performa yang berbeda dibandingnya. Langsung saja berikut adalah kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan:
  1. Banyak pilihan sticker, dan emoticon yang tersedia.
  2. Untuk bermain game yang disediakan Line, seperti Get Rich.
  3. Lebih smooth dibanding BBM.
  4. Selalu ada promo yang menarik, dan pastinya gratis.
  5. Bisa digunakan di PC.

Kekurangan:
  1. Sticker yang tersedia ada yang berbayar.
  2. Notifikasi game yang terkadang mengganggu.
  3. Harus menggunakan versi PC untuk mengirimkan file selain gambar.

Nah dari 2 aplikasi tersebut, mungkin hanya sebagian yang saya suguhkan di sini, dan silakan bagi teman-teman yang ingin menambahkan, bisa menambahkan pendapatnya di kolom komentar.

Nah lalu pendapat saya manakah yang lebih bagus antara BBM dan Line? Berikut adalah pendapat saya.

Mana yang Lebih Bagus Menurut Penulis?
Dari sekian banyaknya aplikasi instant messaging, saya memasang 2 aplikasi saja, yaitu BBM dan Line, mengapa saya memasang dua aplikasi tersebut? Karena teman-teman saya kebanyakan menggunakan aplikasi tersebut. Dulu pernah memasang Whatsapp, tetapi jarang dipakai karena temen-temen banyak yang menggunakan BBM dan Line, dan akhirnya dihapus saja buat menghemat penyimpanan.

Selama saya menggunakan 2 aplikasi tersebut, yang enak untuk dipakai chattingan adalah Line, mengapa demikian? Saya menggunakan hp android yang tidak terlalu bagus dalam segi performa, bisa dibilang lumayan lah. Ketika menggunakan BBM, pada awal mau login terkadang harus menunggu lama, saat membukanya pun berat di hp android saya, terkadang daftar chat yang ada blank sesaat, avatarnya pun terkadang hilang semuanya, dan masih banyak keluhan lainnya.
BBM vs Line: Manakah yang Lebih Bagus?

Ini berbeda dengan menggunakan Line, aplikasi ini terbilang ringan saat dijalankan di hp android saya, mungkin sampai saat ini saya belum menemukan error yang parah pada line, aplikasinya berjalan sangat smooth saat digunakan, tidak membebani RAM (BBM bisa sampai 100MB penggunaan RAM-nya).
BBM vs Line: Manakah yang Lebih Bagus?

Ya mungkin beda hp, beda versi android, akan beda rasa saat menggunakannya, dan yang diatas itu tadi adalah keadaan 2 aplikasinya saat dijalankan di hp android saya.

Menurut temen-temen yang mana nih yang lebih bagus? silakan tambahkan kelebihan dan kekurangan dari 2 aplikasi tersebut di kolom komentar.

Mungkin sekian dari saya dari postingan yang berjudul BBM vs Line: Manakah yang Lebih Bagus? kelebihan dan kekurangannya, terimakasih telah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.
Next Article
Newer Post
Previous Article
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

Format untuk memasukkan gambar [img]url gambarnya[/img]
Untuk tebal <b>teksnya</b>
Untuk miring <i>teksnya</i>
Untuk memasukkan kode [code]kodenya di sini[/code]
Menyisipkan link aktif akan langsung terhapus :)