Assalamu'alaikum wr wb.

     Memilih adalah suatu hal yang paling memusingkan jika hal tersebut terdiri dari 2 atau lebih pilihan yang kita senangi, seperti ketika akan masuk SMK yang memiliki banyak jurusan, ada teman saya yang menanyakan kepada saya tentang memilih jurusan saat smk, dia bingung antara memilih jurusan RPL atau jurusan Multimedia, dan saya pun memberi penjelasan sedikit tentang kedua jurusan tersebut.

    Nah oleh karena itu, pada postingan kali ini, kita akan sedikit membahas tentang perbedaan dari kedua jurusan tersebut, berikut kita akan membahas.
Perbedaan Jurusan RPL dengan Multimedia

Perbedaan Jurusan RPL dan Multimedia

     Kedua jurusan tersebut memiliki tempat yang sama yaitu pada bidang teknolologi, tapi meskipun begitu kedua jurusan tersebut memiliki perbedaan, berikut adalah perbedaannya:

Jurusan RPL

     RPL adalah singkatan dari Rekayasa Perangkat Lunak kalau bahasa gaulnya adalah Software Engineering, supaya bisa paham dengan mudah, saya mengartikan jurusan ini adalah jurusan yang banyak mempelajari tentang ilmu programming, yang nantinya menjadi programmer, yang harus diperhatikan jika akan memilih jurusan ini adalah logika kita harus encer karena nantinya kita akan dihadapkan dengan algoritma-algoritma yang terkadang untuk beberapa orang dianggap memusingkan, bukan hanya logika saja, kita juga harus tahu bagaimana bentuk-bentuk syntax pada setiap bahasa pemrogaman, script-scriptnya, dan penggunaannya.
     Dengan masuk ke jurusan RPL ini nantinya kita akan bisa membuat suatu program, entah itu aplikasi atau pun game, yang pastinya kita harus kuat logikanya, dan kreatifitasnya juga, sehingga kita membuahkan suatu karya yang menarik.

Jurusan Multimedia

     Sesuai dengan namanya Multimedia, jurusan ini bisa kita bayangkan apa saja yang dipelajari di dalamnya, jurusan ini biasanya mempelajari tentang dunia editing video, design grafis, dan lain-lain yang berhubungan dengan multimedia, jika ingin memilih jurusan ini kita harus mempunyai kreatifitas yang tinggi, jiwa seni yang tinggi, dan juga pemahaman pada aplikasi-aplikasi yang digunakan pada kegiatan tersebut seperti Photoshop, Illustrator, Corel, After Effect, dll.
     Dengan masuk ke jurusan ini nantinya kita bisa menjadi seorang desainer, editor video, illustrator, dll, yang terpenting pada jurusan ini adalah kita harus memiliki jiwa seni yang tinggi, bukan hanya itu, kreatifitas pun harus mengimbanginya juga.

     Dari kedua jurusan diatas yang harus kita perhatikan, kita harus tetap menjaga kesehatan tubuh kita, karena ketika kita mengerjakan suatu tugas dari jurusan tersebut kita melakukannya dengan duduk terus menerus di depan laptop atau komputer, tidak hanya itu, kesehatan mata pun harus selalu dijaga karena mata adalah panca indra yang sangat penting sekali di kehidupan kita. 

     Dari kedua jurusan diatas kita bisa menyimpulkan bahwa yang diprioritaskan pada jurusan RPL adalah logika, sedangkan yang lebih diprioritaskan pada jurusan Multimedia adalah jiwa seninya, dan dari kedua jurusan tersebut, kita harus memiliki kreatifitas yang tinggi agar menghasilkan karya yang menarik bagi banyak orang. Kita bisa memilih yang mana yang sesuai dengan keahlian, kemampuan, dan keinginan yang ada pada diri kita sendiri.

     Nah mungin sekian dari saya tentang perbedaan jurusan RPL dengan jurusan Multimedia, terimakasih sudah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.

Silakan untuk berkomentar.

Wassalamu'alaikum wr wb.
Next Article
Newer Post
Previous Article
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

Format untuk memasukkan gambar [img]url gambarnya[/img]
Untuk tebal <b>teksnya</b>
Untuk miring <i>teksnya</i>
Untuk memasukkan kode [code]kodenya di sini[/code]
Menyisipkan link aktif akan langsung terhapus :)