Selasa, 09 Maret 2021

Cara Mengatasi Stuck saat Login atau Install Adobe Creative Cloud

Jadi ceritanya ada update terbaru dari aplikasi Adobe Illustrator yg sering saya pakai untuk freelance, namun saat saya cek ternyata dari dulu saya installnya di hard disk, bukan di SSD, pantas saja kadang suka lelet buat buka nya, maka dari itu saya pengen fresh install lagi semuanya, termasuk aplikasi Adobe Creative Cloudnya buat diinstall di SSD.

Sebelum fresh install saya hapus semua aplikasi Adobe yang ada, termasuk preferencesnya dan aplikasi backgroundnya. Untuk menghapus semuanya saya pakai bantuan AdobeCreativeCloudCleanerTool. Namun tetap masih ada file bawaannya yg tertinggal, ini saya hapus secara manual.

Saya download online installer creative cloud, menjalankannya, login seperti biasa. Nah masalahnya muncul disini, login loading loop-nya ga berhenti-berhenti padahal email password sudah benar dan internet pun lancar.

Mengatasi Stuck saat Login atau Install Adobe Creative Cloud

Saya coba hapus file yg ada di AppData tapi masih stuck, loopnya ga berhenti. Coba pakai offline installer Creative Cloud tapi masih tetep ga bisa login. 

Coba install browser Chrome biar loginnya dari sana, tapi masih tetep error, ditulisannya sih You've successfully signed in. Feel free to close this browser tab and return to where you previously left off. Tapi tetep ga ngelanjutin ke aplikasinya. Coba klik If your browser is not responding, sign in here, tapi sama saja ga bisa, ga ada respon.

Akhirnya cari sana-sini dapet deh clue-nya, yaitu ada di Registry, kemungkinan hasil dari hapus semua data Adobe mengakibatkan registry-nya error atau rusak.

Jadi yg saya lakukan untuk mengatasi login loop yang ga berhenti-berhenti saat install Adobe Creative Cloud adalah dengan:
  1. Hapus manual semua data adobe yg masih ada, seperti di AppData, Program Files, dan lainnya kalau masih ada.
  2. Pakai CCleaner yg versi free, scan registry, lalu Fix semuanya.
  3. Buka installer Adobe Creative Cloud
  4. Sekarang sudah bisa login dan memulai instalasi, Selesai deh.

Mengatasi Stuck saat Login atau Install Adobe Creative Cloud

Terimakasih yg sudah membaca, semoga bermanfaat.

Orang biasa yang senang belajar. Senang ngoprek dan menulis sesuatu yang berbau teknologi, desain grafis, dan hal random lainnya.

Give us your opinion

Silakan Berkomentar