Assalamu'alaikum wr wb, siang tadi sesudah sholat jum'at sempat kaget karena laptop bermasalah. Ketika laptop dinyalakan > menampil logo acer > menampil logo windows > menu login, nah pas beberapa detik di menu login, laptop langsung menampilkan tampilan biru / BSOD (Blue Screen of Death), diketerangan error katanya driver_irql_not_less_or_equal ...
Cara Mengatasi Blue Screen Driver_Irql_Not_Less_or_Equal

Lalu saya restart laptop, semoga saja dapat mengatasi masalah tersebut. Setelah beberapa kali melakukan restart, hasilnya nihil, laptop terus saja Blue Screen driver_irql_not_less_or_equal.

Selanjutnya saya cari-cari di internet caranya, dan menemukan penyebabnya.

Penyebab driver_irql_not_less_or_equal adalah dari driver yang corrupt atau bermasalah. Dari banyaknya kejadian, driver Wireless / WiFi yang sering bermasalah.

Nah setelah mengetahui penyebabnya dari driver yang bermasalah, saya langsung melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Pergi ke Save Mode.
2. Buka Device Manager.
3. Disable seluruh driver WiFi.
4. Restart dan masuk ke Windows

Dari sini Alhamdulillah dapat masuk ke windows dengan normal.

Dari analisa saya saat menangani masalah ini, saya mencurigai bahwa driver Qualcomm Atheros AR956x Wireless Network Adapter yang terinstall di laptop saya (acer e1-422 win7 64 bit) telah corrupt / bermasalah. (mungkin bisa saja berbeda pada perangkat / sistem operasi lain).

Selanjutnya yang harus dilakukan adalah menginstall ulang seluruh driver tersebut agar WiFi dapat digunakan kembali dengan normal.

Bagi yang belum bisa, mungkin bisa mendisable driver yang lainnya, seperti driver vga, dll. lalu lakukan seperti langkah-langkah diatas.

Sekian dari saya tentang mengatasi Blue Screen driver_irql_not_less_or_equal, terimakasih telah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.

Silakan untuk berkomentar.

Wassalamu'alaikum wr wb.
Next Article
Newer Post
Previous Article
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

Format untuk memasukkan gambar [img]url gambarnya[/img]
Untuk tebal <b>teksnya</b>
Untuk miring <i>teksnya</i>
Untuk memasukkan kode [code]kodenya di sini[/code]
Menyisipkan link aktif akan langsung terhapus :)