Berbicara tentang bagian-bagian hardware komputer, biasanya kita menemukan istilah RAM, apalagi jika kita berbicara tentang komputer gaming, RAM menjadi hal yang wajib ditanyakan sesudah VGA card dan Prosesornya.

Namun apa itu RAM? Mengapa RAM dibutuhkan? Fungsi RAM untuk apa? apakah ada jenis-jenis dari RAM? Yuk mari kita bahas berikut ini.


Mengenal Apa Itu RAM

Mengenal Apa Itu RAM, Lengkap Beserta Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Kita mulai dari definisi / pengertian RAM
RAM adalah kepanjangan dari Random Access Memory yaitu sebuah tipe memori komputer yang isinya dapat diakses secara acak (Random) dalam waktu bersamaan. Data yang tersimpan di dalam RAM hanya bersifat sementara yaitu ketika ada listrik yang mengalir di dalam perangkat.

Apa fungsi RAM?


Ketika kita menggunakan komputer, semakin banyak aplikasi yang dijalankan, maka semakin banyak pula memori yang harus dipakai untuk pemrosesannya dan semakin besar beban yang ditanggung oleh komputer. Nah oleh karena itu, disinilah peran RAM dibutuhkan, yaitu untuk membantu kinerja pada perangkat. Semakin besar memori RAM yang terdapat pada suatu perangkat, maka semakin baik pula kinerja dari perangkat tersebut.

Namun untuk memperoleh hasil yang maksimal, penggunaan memori RAM yang besar saja tidak cukup, maka harus diimbangi oleh prosesor, vga, dan komponen komputer lainnya yang mumpuni. Jika RAM pada komputer 8 GB namun prosesor hanya pentium 4 mungkin rasanya sayang juga karena tidak memperoleh hasil yang maksimal.

Perbedaan RAM dengan Hard disk


Berbicara tentang perbedaan RAM dengan memori lainnya, misalnya Hard disk, terdapat banyak perbedaan. Perbedaan yang pertama kita bisa lihat dari bentuk fisiknya, bentuk fisik RAM adalah memanjang dan tipis serta bobot yang ringan, sedangkan Hard disk memiliki bentuk yang lebih besar dan tebal serta memiliki bobot yang lebih berat dibanding RAM.

Ukuran penyimpanan RAM umumnya lebih kecil dibandingkan Hard disk. Ukuran RAM yang beredar dipasaran umumnya berukuran 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32GB. Ini berbeda dengan Hard disk yang mampu menyimpan data hingga 1TB, bahkan bisa lebih.

Perbedaan yang kedua adalah bagaimana data tersimpan. Data yang tersimpan di dalam RAM hanya bersifat sementara yaitu ketika ada listrik yang mengalir. Sedangkan data yang tersimpan di dalam Hard disk dapat bertahan meskipun tidak ada listrik yang mengalir.

Perbedaan yang ketiga adalah dalam hal kecepatan. RAM dan Hard disk terdapat perbedaan yang cukup jauh dalam hal kecepatan. Sebagai contoh, hard disk yang memiliki 10.000 RPM akan menghasilkan kecepatan 140 MB/s, sedangkan RAM yang berjenis DDR3 versi terendah saja (DDR3-800) memiliki kecepatan 6400MB/s, ini berarti kecepatan memori RAM 45x lebih cepat dibandingkan memori Hard disk.

Jenis-jenis RAM

Mengenal Apa Itu RAM, Lengkap Beserta Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Ada banyak jenis RAM yang beredar hingga saat ini, namun kita berbicara tentang tipe DDR saja karena tipe ini banyak dicari oleh para pemilik komputer dan laptop.

DDR adalah kepanjangan dari Double Data Rate, DDR ini bisa dijadikan tolak ukur dalam menentukan performa pada RAM.

Saat ini tipe DDR yang beredar adalah tipe DDR, DDR2, DDR3, dan DDR4.

Pada setiap tipe tersebut terdapat juga sub tipenya, seperti contoh pada DDR3 terdapat DDR3-800, DDR3-1066, DDR3-1333, DDR3-1600 dimana setiap sub tipe tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.

Semakin tinggi tipenya, maka semakin tinggi pula spesifikasinya. Ini bisa kita lihat pada pembahasan selanjutnya.

Bukan hanya itu, setiap tipe juga terdapat nama pabrikannya masing-masing, contohnya seperti DDR3-800 nama pabrikannya PC3-6400.

Biasanya terdapat tipe lainnya juga, seperti DDR3L. Perbedaan DDR3 dengan DDR3L adalah dalam konsumsi tegangannya. Konsumsi tegangan yang dibutuhkan pada DDR3L lebih sedikit dibanding dengan DDR3. DDR3L dapat berjalan di tegangan 1.35v dan 1.5v. Sedangkan DDR3 hanya berjalan di tegangan 1.5v saja.

Menurut jenis perangkatnya, RAM untuk Komputer biasanya bernama DIMM (Dual In-line Memory Module). Sedangkan RAM untuk Laptop biasanya bernama SODIMM (Small Outline Dual In-line Memory Module).

Perbedaan DDR, DDR2, DDR3, DDR4


Secara fisik, kita dapat melihat perbedaan dari setiap jenis ram, yaitu pada letak coak yang terdapat pada setiap jenisnya.

Berikut adalah gambar-gambar yang menggambarkan perbedaan dari setiap jenis RAM berdasarkan kondisi fisiknya.

Untuk RAM pada Komputer (DIMM)
Mengenal Apa Itu RAM, Lengkap Beserta Fungsi dan Jenis-Jenisnya
Mengenal Apa Itu RAM, Lengkap Beserta Fungsi dan Jenis-Jenisnya
Mengenal Apa Itu RAM, Lengkap Beserta Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Untuk RAM pada laptop (SODIMM)
Mengenal Apa Itu RAM, Lengkap Beserta Fungsi dan Jenis-Jenisnya
Mengenal Apa Itu RAM, Lengkap Beserta Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Untuk perbedaan dalam performa, kita dapat melihat di pembahasan selanjutnya.

Kecepatan RAM


Berikut adalah tabel yang berisi kecepatan pada RAM yang berjenis DDR, DDR2, DDR3, dan DDR4. Di sini kita dapat membedakan suatu jenis RAM berdasarkan performanya. Kita bisa lihat pada peak data rate (data rate puncak), semakin tiggi nilainya maka semakin cepat RAM tersebut bekerja.

DDR
Mengenal Apa Itu RAM, Lengkap Beserta Fungsi dan Jenis-Jenisnya

DDR2
Mengenal Apa Itu RAM, Lengkap Beserta Fungsi dan Jenis-Jenisnya

DDR3
Mengenal Apa Itu RAM, Lengkap Beserta Fungsi dan Jenis-Jenisnya

DDR4

Disini saya tidak memiliki data dari jenis-jenis memori RAM DDR4, namun untuk DDR4 sendiri dari sumber yang telah saya baca, DDR4 memiliki kecepatan 2133MT/s yang berarti kecepatannya hingga 2x DDR3-1066 yaitu jika diubah ke bentuk MB/s, DDR4 memiliki kecepatan 17066MB/s. Wow kentjang sekali...

Dari sini bisa dilihat bahwa semakin tinggi tipenya atau generasinya, maka semakin bagus pula performanya.

Bagaimana cara upgrade RAM


Nah selanjutnya bagaimana cara upgrade RAM?

Untuk mengetahui bagaimana cara upgrade RAM entah itu pada laptop atau komputer, kita akan membahasnya di postingan yang berjudul Panduan Lengkap Upgrade RAM Laptop.

Mungkin cukup sekian dari saya tentang postingan yang berjudul Mengenal Apa Itu RAM, Lengkap Beserta Fungsi dan Jenis-jenisnya, terimakasih telah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.

Silakan untuk berkomentar.
Next Article
Newer Post
Previous Article
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

Format untuk memasukkan gambar [img]url gambarnya[/img]
Untuk tebal <b>teksnya</b>
Untuk miring <i>teksnya</i>
Untuk memasukkan kode [code]kodenya di sini[/code]
Menyisipkan link aktif akan langsung terhapus :)