Saat laptop ingin mengirimkan file ke perangkat lain, kita biasanya menggunakan beberapa media transmisinya, itu bisa berupa kabel USB, koneksi WiFi ataupun Bluetooth. Namun masalah yang terjadi adalah bluetooth laptop tidak berfungsi padahal di laptop telah terinstall bluetooth (secara hardware), sehingga laptop tidak bisa mengirimkan file ke perangkat lain, dan kita harus menemukan cara mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengatasi Bluetooth Laptop Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Bluetooth Laptop Tidak Berfungsi
Dari bentuknya sendiri, bluetooth adalah suatu hardware yang ditanamkan pada laptop kita, sehingga bagi yang laptopnya menggunakan sistem operasi windows, memerlukan bantuan driver untuk mengaktifkan fungsi dari suatu hardware yang terpasang.

Bluetooth laptop yang tidak berfungsi bisa saja disebabkan oleh hal demikian, jadi kita harus mengeceknya, apakah driver bluetooth laptop kita telah terinstall dengan baik atau tidak.

Sekarang kita buka device manager. Klik start > ketik di pencarian "device manager".
Cara Mengatasi Bluetooth Laptop Tidak Berfungsi
Lihat status bluetooth adapternya. Ada 2 kemungkinan ketika kita melihat status driver bluetoothnya, driver bluetooth belum terinstall, atau driver bluetooth telah terinstall namun belum diaktifkan.

Untuk driver bluetooth telah terinstall namun belum diaktifkan, biasanya akan ada tanda panah kebawah di samping ikon bluetoothnya, seperti ini:
Cara Mengatasi Bluetooth Laptop Tidak Berfungsi
Jika keadaannya seperti ini, aktifkan bluetoothnya dengan cara, klik kanan pada ikon bluetoothnya > klik enable.
Cara Mengatasi Bluetooth Laptop Tidak Berfungsi
Dan bluetooth dapat digunakan dengan semestinya.
Cara Mengatasi Bluetooth Laptop Tidak Berfungsi
Untuk driver bluetooth yang belum terinstall, biasanya terdapat ikon peringatan warna kuning.
Cara Mengatasi Bluetooth Laptop Tidak Berfungsi
Untuk mengatasi hal ini, teman-teman dapat mendownload terlebih dahulu driver bluetooth yang kompatibel dengan laptop teman-teman.

Atau jika malas mendownload, teman-teman dapat menggunakan CD yang diberikan waktu membeli laptop tersebut, di dalam CD tersebut terdapat kumpulan driver.

Untuk mendownload drivernya, teman-teman bisa mengunjungi langsung website pabrikan laptopnya, lalu cari hal yang berkaitan dengan download driver. Seperti website berikut:

1. Download Driver Laptop Acer
2. Download Driver Laptop Toshiba
3. Download Driver Laptop Asus
4. Download Driver Laptop Lenovo

Teman-teman juga bisa searching di google dengan kata kunci "download driver laptop (nama pabrik) (nama model) (sistem operasi yang digunakan)". Contoh: "Download driver laptop acer e1-422 windows 7 64bit".

Cari driver bluetoothnya, dan download.
Cara Mengatasi Bluetooth Laptop Tidak Berfungsi


Lalu install driver tersebut dan restart laptopnya.

Dan bluetooth pada laptop dapat digunakan dengan semestinya.

Jika teman-teman sudah yakin menginstall driver bluetooth yang benar-benar kompatibel dengan laptop, namun bluetooth masih saja tidak bisa digunakan atau  tidak terdeteksi, maka coba untuk mengecek hardwarenya. Jika masih belum mahir bongkar pasang laptop, disarankan untuk mengunjungi service center sesuai pabrikan laptopnya.

Mungkin sekian dari saya, terimakasih telah mengunjungi blog ini, dan semoga bermanfaat.

Silakan untuk berkomentar.
Next Article
Newer Post
Previous Article
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

Format untuk memasukkan gambar [img]url gambarnya[/img]
Untuk tebal <b>teksnya</b>
Untuk miring <i>teksnya</i>
Untuk memasukkan kode [code]kodenya di sini[/code]
Menyisipkan link aktif akan langsung terhapus :)