Kamis, 08 September 2016

Membuat Program Konversi Suhu dengan C++

Assalamu'alaikum wr wb, pada postingan kali ini saya akan share source code beserta langkah membuat program konversi suhu dengan C++. Dalam program ini kita hanya perlu menggunakan operator matematika saja dan perintah untuk menampilkan dan memasukkan data untuk membuatnya, jadi pasti akan mudah untuk dipahami untuk pemula.

Membuat Program Konversi Suhu dengan C++

Membuat Program Konversi Suhu dengan C++

Pada program ini kita akan melakukan konversi suhu dari Celcius ke Fahrenheit, Kelvin, dan Reamur saja, jadi tentunya yang kita butuhkan di sini adalah Formula atau Rumus konversi suhu itu sendiri. Adapun rumus konversi suhunya sebagai berikut:

Rumus/Formula Konversi Suhu dari Celcius

Skala Formula
kelvin K = °C + 273,15
Fahrenheit °F = °C × 1,8 + 32
Rankine °Ra = 1,8 × (°C + 491,67)
Delisle °De = (100 − °C) × 1,5
Newton °N = °C × 33/100
Réaumur °Ré = °C × 0,8
Rømer °Rø = °C × 21/40 + 7,5

Nah jika kita sudah mengetahui rumusnya tinggal kita buat saja programnya, berikut adalah source code konversi suhu dengan C++

Source Code Konversi Suhu C++

#include <iostream>
using namespace std;

int main()
{
    float C,F,K,R;
    cout<<"program konversi suhu"<<endl;
    cout<<"kangghani.com"<<endl<<endl;
    cout<<"masukkan nilai celciusnya = ";
    cin>>C;
    F=C*1.8 + 32;
    K=C+273.15;
    R=C*0.8;
    cout<<"nilai Fahrenheit = "<<F<<endl<<"nilai Kelvin = "<<K<<endl<<"nilai Reamur = "<<R;
    return 0;
}


Nah sekarang salin, tempel, compile, dan jalankan programnya di komputer teman-teman, kalau gak mau ribet teman-teman bisa mengklik demo di atas untuk menjalankannya.

Penjelasan Singkat

Pada program ini kita menggunakan tipe data float pada seluruh variabelnya, ini untuk menghasilkan nilai yang akurat, mengingat hampir setiap operasi matematikanya menggunakan angka berkoma atau pecahan.

Cout perintah untuk menampilkan data dari variabel, contoh cout<<C; maka hasilnya program akan menampilkan data dari variabel C. Cout juga bisa menampilkan string yang berada di antara tanda petik ("..."), contoh cout<<"masukkan nilai celciusnya = "; maka program akan menampilkan masukkan nilai celciusnya.

Cin perintah untuk memasukkan nilai ke suatu variabel, contoh cin>>C; maka program akan memasukkan data dari ketikkan keyboard yang selanjutnya dienter ke variabel tersebut.

Endl digunakan untuk membuat garis baru.

Semoga pembahasan singkat tersebut dapat membantu kita yang sedang belajar pemrograman ini ya, dan mungkin cukup sekian dari saya tentang program konversi suhu c++, terima kasih telah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.

Silakan untuk berkomentar.

Wassalamu'alaikum wr wb.

Orang biasa yang senang belajar. Senang ngoprek dan menulis sesuatu yang berbau teknologi, desain grafis, dan hal random lainnya.

3 komentar

Silakan Berkomentar