Compress PDF Menjadi Berukuran Kecil


Assalamu'alaikum wr wb, oke teman-teman pada postingan kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengecilkan ukuran pdf sehingga yang sebelumnya berukuran besar menjadi berukuran kecil, hal ini dengan cara melakukan compress pdf secara online.
Compress PDF Menjadi Berukuran Kecil

Jadi ceritanya gini, waktu itu ada suatu tugas, yaitu membuat dokumen laporan akhir dengan microsoft word, lalu menyimpannya dengan format pdf, nah ketika file tersebut telah tersimpan, ternyata ketika dicek ukuran filenya terlalu besar yaitu 5Mb, sedangkan file tersebut harus diupload ke suatu web dan disana hanya mampu untuk menampung maksimal 3Mb saja. Nah dari masalah tersebut, saya mencari caranya di internet dengan kata kunci Compress PDF Online, dan menemukan alatnya.

Untuk alatnya sendiri, di sini saya menggunakan alat yang berasal dari https://smallpdf.com/compress-pdf jadi kita hanya perlu mengupload filenya ke web tersebut, tunggu prosesnya, dan download filenya.. gak ribet..

Oiya, untuk alat ini, kita hanya bisa menggunakannya beberapa kali saja, tepatnya 2 kali saja perjam, kalau sudah digunakan 2 kali, jika ingin menggunakannya kembali harus menunggu terlebih dahulu 1 jam lagi, jadi pergunakanlah sebaik mungkin ya..

Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Kunjungi https://smallpdf.com/compress-pdf. Pilih choose file atau dengan klik dan seret file ke web tersebut.
    Compress PDF Menjadi Berukuran Kecil
  2. Tunggu proses uploadnya.
    Compress PDF Menjadi Berukuran Kecil
  3. Download deh..
    Compress PDF Menjadi Berukuran Kecil

Untuk hasilnya nih..

Sebelum di-compress
Compress PDF Menjadi Berukuran Kecil

Sesudah di-compress
Compress PDF Menjadi Berukuran Kecil

Pdf yang tadinya berukuran 5.46MB kini mengecil menjadi berukuran 2.44MB, ini berarti ukuran file tersebut telah terpangkas setengahnya dari ukuran sebelumnya.

Selain untuk mengecilkan ukuran file pdf atau compress pdf, alat ini juga banyak kegunaannya seperti mengubah word ke pdf atau sebaliknya, mengubah gambar jpg ke pdf atau sebaliknya, memisahkan lembar pdf atau menggabungkan pdf, dan kegunaan lainnya.. tinggal kita eksplore saja web tersebut.

Nah mungkin cukup sekian postingan yang singkat ini, terimakasih telah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.

silakan untuk berkomentar, wassalamu'alaikum wr wb.
Next Article
Newer Post
Previous Article
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

Format untuk memasukkan gambar [img]url gambarnya[/img]
Untuk tebal <b>teksnya</b>
Untuk miring <i>teksnya</i>
Untuk memasukkan kode [code]kodenya di sini[/code]
Menyisipkan link aktif akan langsung terhapus :)