Cara Menggabungkan Beberapa PDF Menjadi Satu File


Assalamu'alakum wr wb, bagaimana kabarnya kawan? saya harap teman-teman semua dalam keadaan baik-baik saja. Nah pada postingan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara menggabungkan pdf menjadi satu, atau cara menggabungkan beberapa pdf menjadi satu file pdf saja.
Cara Menggabungkan Pdf Menjadi Satu

Ceritanya waktu itu ada tugas, tugas tersebut dikerjakan pada kertas lalu hasilnya discan dan dikirimkan ke dosen dalam bentuk pdf. Tugas selesai lanjut dengan scan lalu menyimpannya dengan jenis pdf, selesai. Namun masalahnya tugas tersebut memiliki beberapa lembar jawaba, dan hasil scannya terpisah-pisah antara lembar lainnya, jadi satu file pdf berisi satu lembar, jadi banyak filenya, masa iya harus mengirimkan banyak file ke dosen ntar bingung pas meriksanya (dulu gak tau kalau beberapa hasil scan bisa langsung disatukan ke bentuk pdf) lalu saya cari dengan kata kunci menggabungkan pdf dan berhasil menemukan alatnya.

Untuk menggabungkan pdf, saya memakai alat yang disediakan di smallpdf.com, jadi disana kita hanya perlu upload filenya, tunggu prosesnya, lalu download filenya.. ga ribet. Hanya sayang, kita hanya diberikan dua kali kesempatan untuk menggunakan alat ini, jika ingin menggunakannya lagi kita harus menunggu hingga 1 jam, jadi pergunakanlah kesempatan ini sebaik mungkin ya..

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi https://smallpdf.com/id/menggabungkan-pdf, upload file yang ingin digabungkan.
    Cara Menggabungkan Pdf Menjadi Satu
  2. Nah disini akan ada beberapa tombol:
    Cara Menggabungkan Pdf Menjadi Satu
    • Untuk menyesuaikan filenya, file mana yang pertama, kedua, dst, klik dan seret filenya, file paling kiri adalah file yang pertama.
    • Untuk menyesuaikan halamannya, halaman mana yang pertama, kedua, dst, pilih mode halaman, lalu klik dan seret halamannya, halaman paling kiri adalah file yang pertama.
      Cara Menggabungkan Pdf Menjadi Satu
    • Untuk menambah file lagi, pilih Tambah pdf lagi.
    • Untuk menggabungkannya, pilih Gabungkan PDF.
  3. Lalu download filenya.
    Cara Menggabungkan Pdf Menjadi Satu

Nah karena file tersebut telah di satukan, maka ukurannya juga semakin bertambah. Untuk mengecilkan ukurannya, teman-teman bisa mencoba cara ini: Compress PDF Menjadi Berukuran Kecil

Selain untuk menggabungkan pdf menjadi satu file, pada web tersebut terdapat banyak alat yang dapat digunakan, seperti memisahkan halaman pdf, mengubah gambar ke pdf atau sebaliknya, compress pdf, dan lainnya, tinggal kita eksplore saja web tersebut.

Nah mungkin sekian dari postingan kali ini, terimakasih telah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.

Silakan untuk berkomentar, wassalamu'alaikum wr wb.
Next Article
Newer Post
Previous Article
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

Format untuk memasukkan gambar [img]url gambarnya[/img]
Untuk tebal <b>teksnya</b>
Untuk miring <i>teksnya</i>
Untuk memasukkan kode [code]kodenya di sini[/code]
Menyisipkan link aktif akan langsung terhapus :)