Menuntut Ilmu di SMK BPN - Assalamu'alaikum wr wb, sudah lama rasanya setelah saya lulus di SMK tersebut meskipun baru 1 tahun sampai saat tulisan ini ditulis, ada suka duka yang dirasakan selama menjalani masa sekolah di SMK BPN selama 3 tahun lamanya.

Mungkin di tulisan saya ini akan sedikit menceritakan semasa saya menuntut ilmu di sana, dari mulai daftar, masuk, hingga lulus. Kalau dituliskan semuanya ya mungkin sebuku juga tidak akan cukup untuk menuliskannya, karena saking banyaknya cerita yang ada. Langsung saja deh.

Menuntut Ilmu di SMK Bina Putera Nusantara: Pendaftaran

PSK: Pemilihan Sekolah Kejuruan

Pada Waktu itu...
Daftar ke mana ya?
Ya waktu itu saya masih SMP kelas 9 dan saatnya untuk menentukan kemanakah saya akan meneruskan sekolah. -Btw SMP saya di SMPN 13 Tasikmalaya.
Cerita Menuntut Ilmu di SMK Bina Putera Nusantara: Pendaftaran

Pada awalnya, saya berkeinginan untuk masuk ke SMKN 2 Tasikmalaya loh, haha.. bukan BPN. ya entahlah, pada waktu itu saya ingin masuk ke jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) dan juga karena teman-teman SMP banyak yang kesana ya jadinya ikut-ikutan deh.
Cerita Menuntut Ilmu di SMK Bina Putera Nusantara: Pendaftaran

Singkat cerita, mulai saatnya pengurusan berkas, seperti fotocopy raport, dll sudah dilakukan, dan tinggal dikirim berkasnya.

Nah.. Suddenly, ujug-ujung, ibuku gak ngijinin nih ke SMK tersebut, dia mempertimbangkan kalau sekolah kesana, jarak rumah ke sekolah terlalu jauh, waktu yang diperlukan untuk kesananya pun agak lama.. belum tahu jalan kota lagi.. ya sudah tak apa.. saya nurut aja waktu itu karena saya yakin pilihan orang tua gak akan salah.. hehe..
Akhirnya Batal ke SMKN 2 Tasikmalaya
Ibuku menganjurkan agar masuk ke SMK kesehatan saja waktu itu, dan pilihannya adalah SMK Bina Putera Nusantara. Pada awalnya, seriusan nih aku gak tau apa saja jurusan yang ada di SMK BPN (padahal dulu ada sosialisasi ke SMP), Ibuku tahunya sekolah tersebut sekolah kesehatan, dan pengennya saya jadi seorang penyembuh orang sakit, atau pegawai rumah sakit, katanya "orang sakit itu gak ada habisnya, jadi ya bisa dijadikan ladang usaha buat menyembuhkannya" (sambil beramal juga), hmm..  kira-kira begitulah perkataannya. Ya mungkin yang dimaksud adalah jurusan Farmasi yang ada di SMK tersebut.
Dulu mau dimasukin sama emak ke Farmasi, bukan Transmisi Telekomunikasi loh (saya belum tahu).
Saya nurut aja waktu itu, oke lah mah boleh..

Berkunjung ke BPN Pertama Kalinya untuk Mendaftar

Akhirnya tiba waktunya untuk mendaftar ke SMK BPN, waktu itu saya ditemani oleh emak, dan kakaknya mamah (uwa/bulek) naik angkot dari rumah ke SMK BPN.
Cerita Menuntut Ilmu di SMK Bina Putera Nusantara: Pendaftaran

Cekittt.. Akhirnya sampai juga ke tempat tujuan, kami pun masuk untuk pertama kalinya, dan dipersilakan duduk ke bagian pendaftaran (sekarang ruang piket).

Gak Jadi ke Farmasi, Melainkan Jurusan Transmisi Telekomunikasi

Pada awalnya tahu kan saya mau didaftarkan ke jurusan Farmasi, nah sekarang tibalah waktunya untuk melengkapi formulir pendaftaran.

Pada waktu itu ada yang nerangin nih jurusan-jurusan yang ada di SMK BPN, yang waktu itu masih ada 3 jurusan saja, yaitu Farmasi, Kimia Analisis, dan Transmisi Telekomunikasi.

Singkatnya udah diterangin jurusan-jurusan yang ada di sana. Nah ada yang menarik nih, ada jurusan Transmisi Telekomunikasi, berbau-bau teknologi gitu (saya suka teknologi).

Saya berbicara di dalam hati, "Eh bentar, ada jurusan Transmisi Telekomunikasi nih.. Menarik juga.. Kan saya suka sama teknologi.."

Ibuku bertanya kepadaku "Mau masuk ke mana jadinya? Farmasi kah atau yang lain?"

Dalem hati "Hehe ini kesempatanku untuk merubah nasibku hahaha.." -ketawa jahat kayak di pilem-pilem. Dan akhirnya saya ikrarkan...
Saya memilih jurusan Transmisi Telekomunikasi untuk pilihan pertama, dan keduanya apa ya?? transmisi telekomunikasi juga deh.. dan membatalkan memilih jurusan Farmasi..
Jadi emang dari awal saya milih jurusan di formulir pendaftaran langsung ke jurusan Transmisi Telekomunikasi.

Masuk ke Lab. Komputer Pertama Kali

Karna udah menentukan jurusan mana yang akan saya pilih, saya ditawari nih buat liat-liat Lab. Komputer untuk pertama kalinya. Waktu itu saya diarahkan bersama Bapak H. Dodo yang sekarang menjadi ketua jurusan Transmisi Telekomunikasi.

Pertamanya ya terkesan biasa aja ya hehe.. entah karena belum ngerti apa gimana.. Tapi ada yang keren nih, lab yang tak biasa dimiliki oleh sekolah-sekolah lain, namanya kalo gak salah lab. Jarlokat (Jaringan Lokal Akses Tembaga). Jadi disana ada simulasi jaringan telepon dari sentral sampai ke pelanggan dengan menggunakan kabel tembaga. -FYI lantai 3 yang dijadikan tempat untuk praktik vsat dan antena belum dibuat (masih di bawah), dan Lab. Serat Optik dulunya dipakai untuk kelas.

"Keren juga nih, dari sentral sampai pelanggan diringkas menjadi satu tempat" dalam hati berkata.

Serasa cukup puas melihat-lihat yang ada di dalam lab tersebut. kami kembali lagi ke ruang pendaftaran, dan pulang ke rumah.
Yang pertamakali ke lab siapa ya? mungkinkah saya?

Melengkapi Berkas

Kemaren baru isi formulirnya doang sama bayar pendaftaran, lalu besok harinya mulai melengkapi berkas yang belum terkumpul, kayak pas foto, dan lainnya.

Sendirian ke sekolah menggunakan motor, berpakaian smp, gak punya SIM, jomblo lagi.. haha.. Langsung ke bagian pendaftaran dan menyerahkan berkas yang belum terpenuhi.

Waktu itu kalo gak salah sama Pak Dodo diurusin berkas-berkasnya, langsung dapet kartu merah deh.. maksudnya kartu buat nanti tes kesehatan sama tes tulis.. (padahal warnanya oranye :v).
Cerita Menuntut Ilmu di SMK Bina Putera Nusantara: Pendaftaran

Lihat pilihan satu dan duanya milih Telekomunikasi yang berarti jurusan Transmisi Telekomunikasi. Jadi emang dari awal milih jurusan itu, dan gak nyesel.

Seudah itu balik..
Pilihan orang tua yang bukan keinginan kita belum tentu menyesatkan, kita harus yakin kalau pilihan orang tua adalah pilihan terbaik untuk kita. Memang sih yang akan menjalaninya kita sendiri, tapi kalau sesuai ya apa salahnya, sambil menyenangkan hati orang tua lagi.

Selesai mungkin ya di tahap pendaftaran, nah cerita selanjutnya adalah saat Testing nih, ada 2 test yang akan diuji, yaitu tes kesehatan dan tes tulis. So tunggu updatenya ya.

Mungkin sekian dari Cerita Menuntut Ilmu di SMK Bina Putera Nusantara: Pendaftaran, terimakasih telah mengunjungi blog saya, dan silakan untuk berkomentar. Wassalamu'alaikum wr wb.
Next Article
Newer Post
Previous Article
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

Format untuk memasukkan gambar [img]url gambarnya[/img]
Untuk tebal <b>teksnya</b>
Untuk miring <i>teksnya</i>
Untuk memasukkan kode [code]kodenya di sini[/code]
Menyisipkan link aktif akan langsung terhapus :)