Menghemat kuota - Internet memang sudah tak bisa dipisahkan lagi dengan kehidupan kita, yang setiap harinya menggunakan akses internet. Penggunaan data internet saat ini sangat dibutuhkan sekali, berbagai hal dapat dilakukan hanya dengan menggunakan internet. Namun bagi kita yang menggunakan internet dengan sistem kuota yang dibatasi, penggunaan internet haruslah hati-hati, jika tidak, kuota internet kita akan cepat habis, oleh karena itu kita harus tau bagaimana cara menghemat kuota internet.

Namun, pada postingan kali ini, kita akan membahasnya dalam ruang lingkup tertentu, yaitu pada penggunaanya di hp android, nah langsung saja kita bahas.

Cara Menghemat Kuota Internet di Hp Android

10 Cara Menghemat Kuota Internet di Hp Android
Disini akan disuguhkan beberapa cara yang dapat bermanfaat dalam kasus ini, berikut diantaranya:

1. Gunakan Wifi
Menggunakan akses internet dari wifi akan membantu sekali dalam menghemat kuota internet, karena jika tidak ada wifi biasanya kita akan menggunakan kuota data internet, dan pastinya kuota tersebut berangsur-angsur semakin habis batasnya.

Cara ini sering saya gunakan ketika sedang ada di kampus, selain menghemat kuota internet, kecepatan wifi biasanya lebih kencang daripada kecepatan data internet biasa, apalagi kalau wifi-nya gratisan.

2. Set Peringatan Penggunaan Data
Karena kesenangan akan browsingan, atau kegiatan menggunakan internet lainnya, biasanya kita tidak tahu bahwa kuota internet kita akan segera habis, tahu-tahunya kuota internet sudah habis deh. Oleh karena itu, kita bisa menyetel peringatan penggunaan datanya, hal ini memang bermanfaat sekali, jadi kita tau kalau kuota data kita akan habis, atau kita kita bisa mengguanakannya sebagai batasan penggunaan internet tertentu, misalnya kuota 5 gb, kita bisa membatasi penggunaan 2Gb pertama untuk streaming, dan sisanya dibuat untuk browsing biasa. Jadi kita akan tahu dimana kita tidak streamingan, dan tentunya cara ini bisa menghemat kuota internet pada hp android.

3. Matikan Sinkronisasi
Sinkronisasi memungkinkan kita selalu terhubung terhadap layanan yang diberikan oleh aplikasi tertentu, misalnya pada Facebook, ketika sinkronisasi diaktifkan, pemberitahuan akan selalu muncul meskipun kita tidak membuka aplikasinya, dan karena pemberitahuan selalu muncul, maka sudah dipastikan ada sambungan data internet yang mengalir meskipun aplikasinya ditutup. Nah maka dari itu kita bisa mematikan sinkronisasi yang aktif pada hp android kita untuk menghemat kuota internet.

4. Gunakan Data Internet Sewaktu Dibutuhkan
Nah gunakan internet sewaktu-waktu saja apabila dibutuhkan, mungkin cara ini akan sulit diterapkan bagi orang yang sudah menyatu dengan dunia maya, tapi tidak ada salahnya untuk mencobanya agar menghemat kuota internet kita.

5. Gunakan Browser yang Hemat Data
Browsing internet pun ada triknya agar bisa menghemat kuota internet, yaitu gunakanlah browser yang hemat data. Contohnya kita bisa menggunakan browser Google Chrome dengan mengaktifkan data saver, atau bisa menggunakan UC Web, bisa juga Opera. Dengan menggunakan browser yang hemat data, kuota akan berkurang sedikit demi sedikit. Namun sayangnya tampilannya akan sangat simple karena ada halaman web yang dikompres, tetapi kabar baiknya kecepatan internet akan semakn cepat (baca: cara mempercepat akses internet).

6. Gunakan Browser untuk Mengakses Media Sosial
Selain menggunakan browser yang hemat data, kita juga harus membiasakan mengakses internet dari browser tersebut, salah satunya ialah untuk mengakses media sosial. Biasanya jika kita memakai langsung di aplikasinya, segala macam data yang disuguhkan akan secara real time, dan pastinya data internet terus menerus tehubung sehingga kuota pun akan terus berkurang, ini berbeda jika kita menggunakan browser biasa untuk mengakses internet, penggunaannya akan menghemat kuota internet.

7. Matikan Update Otomatis
Matikan juga update otomatis pada aplikasi-aplikasi yang terpasang pada hp android kita, yaitu update otomatis versi baru aplikasi yang ada di Play Store. Dengan menggunakan cara ini, update otomatis hanya akan dilakukan jika terhubung dengan wifi saja atau dengan sepengetahuan kita, dan tentunya dengan cara ini kita dapat menghemat penggunaan kuota internet di hp android kita.

8. Gunakan Bantuan Aplikasi
Ada salah satu aplikasi namanya Juice Defender, aplikasi ini sebenarnya digunakan untuk menghemat penggunaan baterai android (baca: cara menghemat baterai android), tetapi ada salah satu fungsinya yaitu ketika layar hp android terkunci, maka data internet akan otomatis di-non-aktifkan. Nah dengan adanya fungsi ini, kita bisa menghemat penggunaan kuota internetnya.

9. Backup Aplikasi Setelah Download di Play Store
Hal ini selalu saya terapkan pada hp android saya, jadi ketika sudah download aplikasi apapun di Play Store, aplikasi tersebut langsung ter-backup dengan ekstensi .apk, sehingga jika kita bosan dengan aplikasinya kita bisa menghapusnya, lalu ketika ingin dipasang kembali, kita tidak harus mendownloadnya kembali melainkan hanya perlu menginstall aplikasi dari .apk hasil backup sebelumnya, dan pastinya dengan menggunakan cara ini, kita dapat menghemat kuota internet di hp android kita.

10. Hindari Steaming Video dan Game Online
Sebenarnya sih suka-suka yang punya kuotanya aja mau dipakai streaming video, streaming lagu, bermain game online, dan kegiatan lainnya yang menggunakan internet. Tapi tidak ada salahnya untuk menghindarinya, terutama streaming video dan game online jika kita ingin menghemat kuota penggunaan internet. Kalaupun ingin streaming video, set kualitas videonya yang menengah kebawah tanpa menghalangi informasi yang ingin didapatkan dari video tersebut.

Nah itu tadi adalah saran yang bisa kita terapkan pada penggunaan internet kita. Penggunaan internet yang tepat akan menghasilkan buah yang positif ke dalam kehidupan kita.

Mungkin sekian dari saya tentang 10 cara menghemat kuota internet di hp android, terimakasih telah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.

Silakan untuk berkomentar.
Next Article
Newer Post
Previous Article
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

Format untuk memasukkan gambar [img]url gambarnya[/img]
Untuk tebal <b>teksnya</b>
Untuk miring <i>teksnya</i>
Untuk memasukkan kode [code]kodenya di sini[/code]
Menyisipkan link aktif akan langsung terhapus :)