Memang aneh, padahal memori yang ada diperangkat android kita masih ada space kosongnya, tetapi kita tidak bisa mendownload aplikasi lewat Play Store, saat mengunduh muncul peringatan "Tidak Cukup Ruang pada Perangkat" atau "Insufficient Space". Entah kenapa hal tersebut terjadi.

Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang pada Perangkat di Play Store

Hal ini pernah terjadi pada ponsel saya (Cross A7* dan Andromixx KMC100) dan ponsel saudara saya (Oppo), dan dari beberapa kejadian tersebut, saya akan menggabungkan cara mengatasinya ke dalam postingan ini. Berikut akan kita bahas.

Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang pada Perangkat di Play Store

Cara ini sudah saya coba pada ponsel yang saya sebutkan di atas agar mengatasi error tidak cukup ruang pada perangkat. Untuk versi androidnya ialah versi ICS dan JB. Kita tidak akan tahu cara di bawah ini berhasil atau tidak pada versi/perangkat lain seperti lenovo, samsung, dan lainnya jika kita tidak mencobanya terlebih dahulu (Jangan Takut Mencoba). Berikut diantaranya:

Hapus Aplikasi yang Tidak Perlu
Melihat dari errornya, yaitu tidak cukup ruang pada perangkat, coba kita hapus satu atau beberapa aplikasi yang memang jarang atau tidak digunakan sama sekali pada ponsel android kita, untuk menghapusnya kita bisa melakukannya dengan cara:
Buka Pengaturan > Aplikasi > Keola Aplikasi > Pilih Aplikasinya > Copot Pemasangan.
Jika ada aplikasi bawaan ponsel yang memang tidak digunakan tetapi tidak bisa dihapus, kita bisa menghapusnya dengan cara ponsel android kita harus rooted terlebih dahulu, jika belum bisa membaca Cara Root Android Tanpa PC, setelah selesai unduh aplikasi Titanium Backup, dan ikuti langkah-langkah berikut ini:
Buka aplikasi Titanium Backup > Backup/Restore > Pilih aplikasi yang akan dihapus > Un-install!
Pindahkan Aplikasi ke SD Card
Mungkin bisa saja karena memori internal sudah hampir penuh, muncul peringatan error tidak cukup ruang pada perangkat, dan untuk mengatasinya kita bisa memindahkan aplikasi ke sd card, dengan cara:
Buka pengaturan > Aplikasi > Keola Aplikasi > Pilih Aplikasinya > Pindahkan ke kartu SD.
Karena secara default aplikasi seperti BBM, dkk tidak bisa dipindahkan, ada cara lain untuk memindahkan aplikasinya asal android kita sudah rooted, dan memiliki aplikasi Titanium Backup, lalu ikuti langkah-langkah berikut ini:
Buka aplikasi Titanium Backup > Backup/Restore > Pilih aplikasi yang akan dipindahkan > Slide ke kanan (Special features) > Move to SD card.
Set Lokasi Penyimpanan ke SD Card
Pada beberapa kasus penggunaan cara ini bisa saja mengatasi error tidak cukup ruang pada perangkat, dan untuk melakukannya bisa dengan cara:
Buka Pengaturan > Aplikasi > Lokasi pemasangan yang disukai > SD card / kartu SD.
Hapus Junk Files
Junk files adalah file yang sedikit atau mungkin tidak digunakan sama sekali pada android, kita bisa melihatnya dengan menggunakan aplikasi file manager seperti Root Explorer atau ES file manager, jika kita masuk ke SD card > DCIM, di sana akan ada folder yang bernama .thumbnails yang ukurannya terkadang sangat besar sekali.

Thumbnails biasanya adalah foto kecil sebagai penambil gambar mini, dan jika ukurannya sudah besar, kita bisa menghapus folder tersebut agar dapat mengatasi tidak cukup ruang pada perangkat.

Jika tidak ingin ribet, kita bisa menggunakan aplikasi bantuan seperti Clean Master untuk menghapus junk files.

Hapus Cache
Untuk mengatasi tidak cukup ruang pada perangkat, kita bisa melakukannya dengan menghapus cache. Ada 3 cara untuk melakukan penghapusan cache ini, yang pertama adalah langsung dihapus melalui pengaturan, menggunakan bantuan aplikasi pihak ke-3, dan melalui recovery. Untuk melakukannya sebagai berikut:
Dari Pengaturan: Buka Pengaturan > Aplikasi > Keola Aplikasi > Pilih aplikasinya > Hapus cache.
Menggunakan bantuan aplikasi cache cleaner, seperti 1Tap Cleaner Pro, dsb atau bisa dengan mencarinya di Google dengan kata kunci "Cache Cleaner".
Melalui Recovery: Matikan ponsel > nyalakan sambil menekan tobol power + vol up (tidak semua ponsel sama) > pilih wipe cache partition. Juga bisa dengan menghapus dalvik cache, dengan cara: Pilih advanced > wipe dalvik cache.
Menggunakan lucky patcher: Buka aplikasinya > Toolbox > Bersihkan dalvik-cache dan Reboot.
Semoga saja salah satu dari beberapa cara di atas bisa mengatasi tidak cukup ruang pada perangkat android kita.

Mungkin cukup sekian dari saya tentang cara mengatasi tidak cukup ruang pada perangkat di play store, terimakasih telah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.

Silakan untuk berkomentar.
Next Article
Newer Post
Previous Article
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

Format untuk memasukkan gambar [img]url gambarnya[/img]
Untuk tebal <b>teksnya</b>
Untuk miring <i>teksnya</i>
Untuk memasukkan kode [code]kodenya di sini[/code]
Menyisipkan link aktif akan langsung terhapus :)