Mengatasi Komputer Lambat - Masalah yang dialami oleh komputer atau laptop akan menghambat kerja kita saat menggunakannya, entah itu saat bermain game, ngetik, browsing, apapun itu pastinya akan sangat menghambat. Salah satunya yaitu laptop atau komputer yang lambat, yang disebabkan oleh bermacam-macam sebab, ada dari segi hardware dan juga softwarenya.

Oleh karena itu, di sini kita akan membahas beberapa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi komputer lambat, berikut akan kita bahas.

10 Cara Mengatasi Komputer yang Lambat

10 Cara Mengatasi Laptop/Komputer yang Lemot
Beberapa cara yang disuguhkan di sini mungkin bisa mengatasi masalah yang dialami oleh laptop atau komputer kita, berikut diantaranya:

1. File Sementara yang Menumpuk
Ketika kita menjalankan program, entah itu untuk bermain game, browsing, dsb, secara otomatis akan ada file sementara yang terus disimpan. Misalnya ketika browsing, file yang tersimpan umumnya ialah file cookie, dan history. File-file tersebut akan terus bertambah dan menumpuk ketika kita terus menerus melakukan browsing, dan pastinya akan membuat hard disk pada laptop atau komputer kita semakin berkurang.

Untuk mengatasi komputer lambat karena penyebab ini, kita bisa menghapus file-file sementara tersebut, caranya:
Tekan Windows + R > ketik cleanmgr > pilih disk yang ingin dibersihkan > Ok.
Atau juga bisa dengan menggunakan bantuan aplikasi lain, seperti CCleaner dan Advanced System Care.
2. Aplikasi yang Terlalu Banyak
Aplikasi yang terlalu banyak juga dapat menghambat kinerja dari laptop atau komputer kita, apalagi aplikasi yang selalu berjalan di background secara otomatis, contohnya seperti anti virus, aplikasi chat, dsb.

Pemasangan yang tidak terlalu banyak mungkin tidak menyebabkan masalah yang serius, tetapi jika terlalu banyak, kapasitas RAM yang ada semakin banyak yang terpakai dan kinerja komputer pun akan semakin berkurang.

Cara mengatasi komputer lambat karena masalah ini, kita dapat menghapus beberapa aplikasi yang jarang atau tidak terpakai sama sekali, caranya:
Pilih Start > Control Panel > Uninstall a program > pilih program yang akan dihapus > Pilih Uninstall.
Tidak membuka banyak tab saat browing.
3. Spesifikasi Komputer Tidak Masuk dalam Spesifikasi Minimum Aplikasinya
Ini sering terjadi pada gamer low budget seperti saya salah satunya :v , kita ingin menjalankan suatu game yang minimun spesification requiment-nya melebihi spesifikasi komputer kita, dan alhasil ketika dipasang, laptop akan terasa berat, apalagi ketika menjalankan game-nya, low grafik juga masih nge-lag apalagi kalau set high.

Nah untuk mengatasi komputer lambat karena sebab ini, contoh yang bisa kita lakukan adalah:
Upgrade hardware komputer, misalnya tambah kapasitas RAM, ganti prosessor yang gahar, dsb.
Bukan hanya itu saja, kita juga harus melihat sistem operasi yang pantas untuk dipasang pada komputer kita, untuk melihatnya, kita bisa mengunjungi:
Untuk windows 7: http://windows.microsoft.com/en-us/windows7/products/system-requirements
Untuk windows 8: http://windows.microsoft.com/en-us/windows-8/system-requirements
Untuk windows 10: https://www.microsoft.com/en-us/windows/windows-10-specifications#sysreqs
4. Komputer yang Sudah Lama
Teknologi yang semakin maju menjadikan layanan yang dihasilkannya pun semakin canggih, dan juga hardware pendukungnya pun terus ditingkatkan. Penggunaan komputer yang sudah berumur, tidak bisa terus menerus mengikuti perkembangan teknologi, apabila tetap mengikutinya dengan hardware yang tetap, maka yang akan terjadi ialah performa yang menurun dan mengakibatkan pengalaman pengguna yang buruk.

Cara untuk mengatasi komputer lambat karena sebab ini, bisa dengan melakukan:
Upgrade Hardware, Membeli perangkat baru yang lebih mumpuni.
Menggunakan sistem operasi Linux, komputer/laptop lama yang dipasang OS Linux akan terasa lebih smooth.
5. Hardware yang Rusak atau Kotor
Hardware yang kotor atau rusak dapat mempengaruhi kinerja dari komputer kita, atau mungin jika kerusakan ada pada bagian hardware yang vital, akan menyebabkan komputer tidak bisa digunakan sama sekali.

Cara mengatasi komputer lambat yang disebabkan oleh masalah ini adalah:
Mengganti hardware yang rusak, atau sambil mengupgrade hardwarenya.
Melakukan pembersihan yang berkala.
6. Terinfeksi oleh Virus
Bisa jadi penyebab komputer kita yang lambat itu adalah adanya virus yang bersarang di dalamnya. Terkadang ada virus yang menghabiskan memori RAM di komputer sehingga performa komputer semakin berkurang. Apapun jenis virus pastinya merugikan untuk kita.

Cara untuk mengatasi komputer lambat dari permasalahan ini adalah:
Memasang anti virus, kalau saya memakai anti virus avast sudah cukup untuk mengatasi virus yang hinggap di laptop saya. Menggunakan 1 anti virus sudah cukup, kalau terlalu banyak malah memberatkan kinerja komputer kita.
7. Menjalankan Banyak Aplikasi Bersamaan
Menjalankan aplikasi secara wajar memang tidak akan membuat masalah, tetapi jika membuka banyak aplikasi sekaligus, ini bisa membebani performa komputer kita karena memori ram akan banyak yang terpakai, dan belum lagi terpakai untuk aplikasi yang berjalan di background.

Cara untuk mengatasi komputer lambat dari masalah ini adalah:
Menggunakan aplikasi seperlunya, serta jika sudah selesai menggunakan aplikasi, langsung di tutup saja.
Hapus aplikasi yang jarang atau tidak digunakan sama sekali.
8. Non-aktifkan Startup yang Kurang Penting
Startup adalah layanan yang langsung berjalan ketika komputer dihidupkan. Startup yang bermanfaat bisa diaktifkan seperti program anti virus, tetapi jika startup programnya yang kurang bermanfaat, kita pisa menonaktifkannya supaya dapat mengatasi komputer lambat. Caranya:
Tekan Window + R > ketik msconfig > pilih tab startup > hilangkan ceklis pada startup yang kurang bermanfaat > Ok.
9. Mendefrag Hard Disk
Coba kita lakukan defrag hardisk kita agar dapat mengatasi masalah ini, caranya:
Buka Windows Explorer > Klik kanan > Properties > Tools > Defragment Now.
10. Hard Disk yang Penuh
Penyimpanan yang kosong pada hard disk pun harus diperhatikan, jangan sampai hard disk dibiarkan penuh karena akan mengakibatkan performanya menurun. Langkah yang harus dilakukan adalah:
Menghapus file-file yang tidak penting.
Memindahkannya ke hard disk eksternal.
Bonus Paling Manjur
Yang paling manjur untuk mengatasi komputer lambat menurut saya adalah dengan:
Meng-upgrade hardware yang ada pada komputer > menghapus seluruh data yang ada pada hard disknya atau memindahkannya > menginstall ulang dengan sistem operasi yang sesuai > update drivernya > install aplikasi yang seperlunya saja > install anti virus yang gahar > lakukan perawatan, seperti pembersihan file dan jeroan komputer secara berkala.

Nah mungkin itu saja yang bisa disampaikan pada postingan kali ini yang berjudul 10 cara mengatasi komputer yang lambat, terimakasih telah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.

Silakan untuk berkomentar.
Next Article
Newer Post
Previous Article
Older Post

1 komentar :

  1. terima kasih artikelnya
    bisa langsung dicoba di laptop nih
    top info

    ReplyDelete

Format untuk memasukkan gambar [img]url gambarnya[/img]
Untuk tebal <b>teksnya</b>
Untuk miring <i>teksnya</i>
Untuk memasukkan kode [code]kodenya di sini[/code]
Menyisipkan link aktif akan langsung terhapus :)