Cara Mengatasi Android Lemot - Hp android adalah hp yang sangat populer pada jaman ini, firturnya yang sangat lengkap membuat banyak orang yang senang untuk memainkannya, entah itu untuk browsing, bermain game, atau kegiatan editing, apapun itu keberadaan android sangat bermanfaat sekali.

Karena penggunaannya yang lama, menjadikan hp android ini menjadi lemot. Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mengatasi hp android lemot, berikut akan kita bahas.

12 Cara Mengatasi Android Lemot

Di sini akan tersedia untuk 2 golongan, yang pertama ialah untuk golongan hp yang belum diroot, dan satu lagi untuk golongan hp yang sudah root.
12 Cara Mengatasi Ponsel Android yang Lemot

Bagi android yang belum diroot, tidak bisa menggunakan cara untuk yang sudah diroot, tetapi yang sudah diroot bisa menggunakan cara untuk android yang belum root.

1. Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan
Banyaknya aplikasi yang dipasang pada hp android, menjadikan kinerja hpnya berkurang, apalagi jika kita terlalu banyak memasang aplikasi yang terus berjalan di background proccess, yang biasanya ditemui pada aplikasi chatting/media sosial, seperti BBM, Line, Facebook, dsb. Jika kita kebanyakan memasang aplikasi seperti yang disebutkan di atas, maka RAM hp android kita semakin banyak terpakai, dan semakin lama semakin sesak, dan membebani kinerja hp, sehingga hp android lemot. Cara untuk menghapusnya:
Buka Pengaturan > Aplikasi > Keola Aplikasi > Pilih Aplikasi yang akan dihapus > Pilih Copot Pemasangan.
2. Hapus File yang Kurang Penting dan Junk Files
Sisa kapasitas penyimpanan yang tersedia pada hp juga dapat mempengaruhi kinerjanya. Dari seluruh kapasitas yang ada, sisakan kira-kira 20% nya untuk dikosongkan, ini berlaku untuk penyimpanan telepon dan penyimpanan eksternalnya supaya dapat mengatasi android yang lemot.

Kita juga dapat menggunakan bantuan aplikasi lain untuk menghapus junk files, contoh junk files adalah folder .thumbnails pada folder DCIM, terkadang folder tersebut ukurannya sangat besar, dan sangat menguras penyimpanan yang ada pada hp kita, dan kita dapat menghapusnya.

3. Hapus Cache
Cache pada aplikasi bisa diibaratkan dengan history pada browser, penggunaan aplikasi yang terus menerus membuat cache menumpuk dan dapat mempengaruhi kinerja hp kita. Kita dapat menghapusnya secara manual ataupun secara otomatis agar dapat mengatasi hp android yang lemot.
Manual: Buka pengaturan > Aplikasi > Keola Aplikasi > Pilih Aplikasinya > Hapus Cache.
Otomatis: Coba cari dan download aplikasi di Play Store dengan memasukkan kata kunci cache cleaner.
4. Tidak Menggunakan Launcher yang Berat
Launcher yang dipasang digunakan untuk mempercantik tampilan hp android kita, tetapi untuk beberapa hp yang kapasitas RAM-nya terbatas, penggunaan launcher tidak bisa sembarang, atau lebih baik tidak menggunakan launcher pihak ketiga, karena penggunaan launcher akan menguras sebagian kapasitas pada RAM, apalagi launcher yang menyediakan efek-efek.

Maka dari itu kita lebih baik memilih launcher yang ringan atau tidak menggunakan launcher pihak ketiga, agar bisa mengatasi android yang lemot.

5. Widget yang Terlalu Banyak
Widget yang terpasang pun dapat mempengaruhi kinerja android, semakin banyak widget yang terpasang maka semakin boros pemakaian RAM, dan semakin berkurang kinerjanya. Oleh karena itu penggunaan widget dibatasi saja, mungkin hanya untuk menampilkan jam dan tanggal saja agar dapat mengatasi hp android yang lemot.

6. Tidak Menggunakan Live Wallpaper
Penggunaan live wallpaper juga dapat mempengaruhi kinerja hp android karena dapat memakai sebagian kapasitas dari RAM. Untuk mengatasi hp android lemot kita bisa menggunakan wallpaper yang biasa saja, yang tidak bergerak.

7. Gunakan Kartu SD Class 10 atau UHS
Untuk mengatasi android yang lemot selanjutnya adalah menggunakan kartu sd yang cepat dalam read dan write datanya. Biasanya untuk mendapatkan kartu sd card yang cepat, kita diharuskan untuk menggunakan kartu sd class 10 atau UHS (baca: cara mengetahui kecepatan kartu sd).

Dari segi harga memang jenis kartu sd ini dibilang cukup mahal, tetapi kualitas yang didapatkannya pun memang sebanding dengan apa yang dikeluarkan, dan berhati-hatilah ketika membeli sd card jenis ini karena jika kita tidak tahu, bisa jadi sd card yang kita beli itu adalah sd card yang palsunya.

8. Upgrade Versi Android
Semakin baru versinya maka semakin bagus kinerjanya, dan juga lebih optimal dalam pengelolaan RAM-nya. Dengan meng-upgrade versi android, kita juga bisa mengatasi android yang lemot.

9. Gunakan Tweak Root
Tweak adalah suatu script atau program yang digunakan untuk mengoptimalkan kinerja dari hp android. Bagi yang hp androidnya sudah rooted, penggunaan tweak ini bisa dijadikan cara untuk mengatasi android lemot (baca: kumpulan tweak android).

Untuk mendapatkan tweak, kita bisa mengunjungi forum-forum android, seperti XDA developers, ataupun grup hp android yang ada di Facebook.

10. Menambahkan Swap RAM Root
Meskipun kapasitas RAM terbatas, tetapi kita bisa sedikit membantu kinerjanya dengan menambahkan Swap RAM. Jadi kita membagi lagi kapasitas penyimpanan yang ada pada kartu sd (baca: cara partisi sd card), misalkan kartu sd berukuran 8Gb, 7Gb untuk penyimpanan dan 1Gb untuk swap.

Untuk cara penerapannya, setiap hp bisa saja berbeda, jadi cobalah cari di mesin pencari atau tanyakanlah ke forum-forum android untuk cara penerapan yang cocok untuk hp kesayangan kita agar dapat mengatasi hp android yang lemot.

11. Partisi SD card Root
Untuk hp yang jadul, yang penyimpanan internalnya terbatas, seperti pada hp lama saya Cross A7*, mempartisi kartu sd memang sangat bermanfaat sekali. Fungsinya adalah untuk menjadikannya sebagai penyimpanan internalnya, jadi jika kita punya kartu sd yang ukurannya 8Gb, kita bisa membaginya menjadi 2Gb untuk internal dan 6Gb untuk eksternalnya (baca: cara partisi sd card).

Untuk menggunakan cara ini, penggunaan kartu sd class 10 sangat disarankan karena kecepatan read dan writenya yang sangat cepat. Kelemahannya ialah kita tidak bisa menggunakan hp yang tidak ada kartu sd-nya, jadi kartu sd yang sudah dipartisi harus terus dipasang, dan melepasnya pun harus dalam keadaan hp mati.

Setiap hp berbeda-beda cara pemasangannya, jadi kita harus mencarinya di mesin pencari atau forum-forum android agar mengatasi android yang lemot.

12. Overclock CPU Root
Yang tadinya clock cpu hanya 1000MHz kini menjadi 1052MHz itu adalah contoh dari overclock. Jadi kita menaikkan clock cpu yang ada pada android sehingga kinerjanya juga bertambah, dan dapat mengatasi hp android lemot.

Sayangnya penggunaan cara ini jangan terlalu berlebihan, karena bisa mempengaruhi daya tahan dari cpu-nya.

Untuk penerapannya, mungkin setiap perangkat bisa berbeda, jadi kita harus mencarinya di mesin pencari atau forum-forum android, seperti XDA.

Ternyata capek juga ya nulis sampai panjang gini, dan itulah yang bisa saya bagi untuk cara mengatasi android lemot. Mungkin sekian dari saya, terimakasih telah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.

Silakan untuk berkomentar.
Next Article
Newer Post
Previous Article
Older Post

2 komentar:

Format untuk memasukkan gambar [img]url gambarnya[/img]
Untuk tebal <b>teksnya</b>
Untuk miring <i>teksnya</i>
Untuk memasukkan kode [code]kodenya di sini[/code]
Menyisipkan link aktif akan langsung terhapus :)