Cara Membuat Logo Secara Profesional - Dalam pembuatan logo, di sini akan dibahas dalam 2 cara, yaitu dengan menggunakan corel draw dan illustrator, serta  menggunakan tools pembuat logo secara online.

Logo adalah sebuah gambar pengenal yang dipakai untuk berbagaimancam kebutuhan, seperti kebutuhan pada perusahaan, sekolahan, bisnis, ataupun untuk kebutuhan individu. Keberadaan logo ini menjadi identitas dari sang pemilik logonya. Berikut akan kita bahas.

Cara Membuat Logo Secara Profesional

Cara Membuat Logo Secara Profesional

Ada banyak tools yang bisa kita gunakan dalam cara pembuatan logo, ada yang menggunakan software pengolah gambar seperti corel draw, adobe photoshop, adobe illustrator, inkscape, dan ada juga yang mengandalkan dari tools online yang beredar di internet.

Disini kita akan mencoba membuat suatu logo dengan menggunakan software, yaitu corel draw dan illustrator. Mengapa saya memilih kedua software tersebut? Karena kedua software tersebut sudah banyak yang mengenalnya, dan menguasainya. Serta kedua software tersebut sangat cocok untuk membuat suatu karya vektor.

Yang Harus Diketahui Sebelum Membuat Logo

Berbicara tentang cara membuat desain logo, ada beberapa hal yang harus kita ketahui dalam
pembuatannya, diantaranya adalah.

Logo itu simple
Logo haruslah dibuat simple (sederhana) agar memudahkan orang untuk mengingatnya. Serta tidak perlu membuatnya berlebian untuk membuatnya terlihat unik, dan jangan gunakan banyak warna sekaligus, cukup beberapa warna saja 1 sampai 4 warna mungkin cukup untuk diterapkan pada logo yang akan kita buat.

Mudah dikenali
Karena logo itu simple, membuatnya mudah untuk dikenali serta mengingatnya, dan untuk mudah dikenali, suatu logo harus memiliki ciri khas yang identik dengannya. Seperti misalnya logo blog saya ini, karena namanya Kang Ghani yang mana sudah terlihat ciri khasnya dari orang sunda, dan karena blog ini saya tujukan untuk menulis, maka penggunaan kujang sebagai ciri khas sunda dan pensil adalah pilihan yang tepat bagi saya untuk menciptakan logo ini.

Bertahan lama
Keberadaan logo biasanya bertahan sangat lama, meskipun melakukan revisi, ciri khas dari logo tersebut biasanya masih menempel. Kita contohkan seperti Google, meskipun logonya berubah-ubah, tetapi tidak menghilangkan ciri khas dari logonya, yaitu warna-warni pada setiap karakternya.

Mencari Inspirasi

Cara Membuat Logo Secara Profesional

Mencari inspirasi sangatlah perlu jika kita sedang kebingungan mencari ide-ide untuk dijadikan bahan pembuatan logo. Untuk mencari inspirasi, kita bisa mengunjungi beberapa web yang memang menyediakan karya-karya logo dari orang lain, misalnya seperti Logo Gala dan Logo Moose.

Kita juga bisa mencarinya di Google dengan kata kunci "Logo Design Inspiration". Banyaklah melihat-lihat inspirasi untuk dijadikan ide dalam pembuatan suatu logo.

Mulai Mensketsa Logo

Jika kita sudah menemukan suatu inspirasi logo yang akan kita buat, selanjutnya adalah kita buat beberapa sketsa logonya.

Kita bisa mensketsanya di atas kertas terlebih dahulu. Hal ini digunakan agar kita tidak berlama-lama di hadapan komputer ketika pembuatan suatu logo, dan hal ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata kita.

Untuk kertas yang digunakan bisa bermacam-macam, kita bisa menggunakan kertas biasa atau dengan menggunakan kertas milimeter block. Untuk membeli kertas milimeter block, bisa dengan mencarinya di toko buku terdekat, harga untuk kertas yang biasa cukup murah, berkisar Rp. 5000.

Sekarang mulailah mensketsa logo tersebut dengan pensil. Buatlah beberapa logo untuk bisa dipertimbangkan, setelah selesai mensketsa, scan atau foto sketsa tersebut seperti contoh di bawah ini.

Cara Membuat Logo Secara Profesional
Contoh sketsa yang sudah jadi.

Mulai Membuat Logo

Ada 2 cara untuk membuatnya, yang pertama adalah dengan menggunakan software corel draw dan illustrator, kedua software tersebut sama kegunaannya, yaitu untuk membuat karya vektor, lalu yang kedua ialah dengan menggunakan tools online.

Karena tutorial ini lumayan panjang, jadi saya memisahkannya di postingan yang lain. Berikut diantaranya.

Cara Membuat Logo Dengan Menggunakan Corel Draw

Cara Membuat Logo Secara Online

http://www.kangghani.com/2016/01/cara-membuat-logo-secara-online.html

Dari kedua cara tersebut, yaitu cara dengan menggunakan software, dan cara dengan menggunakan tools online, kita bisa memperoleh kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Tools online memang mudah, tinggal klik klik dan drag kita dapat memperoleh suatu logo, hanya saja jika membuat logo secara online kita tidak bisa membuat logo secara bebas sesuai dengan keinginan kita, kita hanya disuguhkan logo-logo yang sudah jadi saja, dan sedikit editing.

Dengan menggunakan software seperti corel draw, kita dapat membuat logo dengan sesuka hati kita, hanya saja memang dalam pembuatannya agak ribet untuk pemula, tapi kalau sudah biasa akan berjalan dengan mudah.

Mungkin sekian dari postingan tentang cara membuat logo secara profesional, terimakasih telah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.

Silakan untuk berkomentar.
Next Article
Newer Post
Previous Article
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

Format untuk memasukkan gambar [img]url gambarnya[/img]
Untuk tebal <b>teksnya</b>
Untuk miring <i>teksnya</i>
Untuk memasukkan kode [code]kodenya di sini[/code]
Menyisipkan link aktif akan langsung terhapus :)