Assalamu'alaikum wr wb.

Siapa yang tidak ingin memiliki domain yang bagus untuk blog atau situsnya? pasti semuanya menginginkan hal tersebut, entah itu bagi para blogger pemula sampai para blogger profesional, para pembisnis, dan lain-lain.

Sebelum kita merubah domain blog atau situs yang kita kelola, alangkah lebih baiknya kita memilih domain yang tepat, kenapa yang tepat? karena yang tepat sudah pasti bagus, dan yang bagus belum berarti tepat.

Memilih domain yang tepat

Tips Memilih Domain yang Tepat

Ada beberapa hal yang harus kita ketahui ketika kita ingin menentukan nama dari domain kita, berikut diantaranya.

Sesuai dengan bisnis anda atau nama anda

Bagi seorang pembisnis, gunakanlah nama domain yang berhubungan dengan bisnisnya, tetapi jangan asal, kita bisa meriset keywordnya terlebih dahulu dengan menggunakan keyword planner agar dapat menemukan keyword yang tepat.

Tentukan juga target bisnisnya, kita akan menjual produk tersebut kepada siapa, dimana, bagaimana. Dan dari sini kita juga bisa melihat level kompetisinya, seperti contoh dibawah ini

Batikmurah.com : menjual batik yang murah, karena tidak ada lokasi, dan nama domainnya berbahasa Indonesia, bisa dipastikan targetnya adalah seluruh wilayah Indonesia. (kompetisi tinggi karena mencakup wilayah indonesia), bisa dilihat pada gambar di bawah.

Tips Memilih Domain yang Tepat

Ini berbeda dengan.

Batiktasikmalaya.com : menjual batik di wilayah Kota Tasikmalaya (kompetisi rendah karena wilahnya hanya mencakup area kota), coba lihat gambar di bawah ini.

Tips Memilih Domain yang Tepat

Bagi seorang blogger, kita bisa menggunakan nama domain dengan nama kita, nama panggilan kita, ataupun kita dapat mengambil dari topik yang dibahas di blognya.

Kangghani.com : blog yang dimiliki oleh seseorang yang bernama Ghani.
Androidku.com : blog yang membahas tentang android.

Sependek mungkin

Buatlah agar nama domain sependek mungkin, buatlah agar mudah dieja, dan mendeskripsikan konten yang dibahas pada situsnya.  hal ini diperlukan agar orang lain lebih mudah untuk mengingat nama domain situs kita. Untuk itu kita perlu menghilangkah kata-kata ataupun nomor yang tidak perlu untuk ditambahkan, selain itu juga pilihlah ekstensi yang tepat, seperti .com untuk komersial, .id untuk daerah Indonesia, .ac.id untuk sekolah di Indonesia, .org untuk organisasi dan lainnya.

Jika kita kebingungan untuk menentukannya, kita bisa memilih ekstensi .com untuk domain kita, selain sudah familiar di sekeliling kita, ekstensi ini juga terbilang murah biaya sewanya, biasanya di kisaran $10 pertahun. 

Membeli domain

Untuk mendapatkan domain TLD sehingga kita bisa custom domain pada blog kita, kita diharuskan untuk membayar sewa terlebih dahulu, entah itu perbulan atau pertahun, tergantung kebijakan dari sang penyedia.

Nah sekarang mengapa memilih yang berbayar? kan yang gratis juga ada? jadi begini, memang ada tetapi karena yang berbayar sudah tentu lebih terjamin kualitasnya dibandingkan dengan yang gratisan, dan juga akan lebih mudah ketika pengelolaannya.

Ketika kita memakai domain yang gratis, kita tidak bisa merubahnya seperti domain yang biasa beredar seperti .com .id dsb. Biasanya domain gratis huruf belakangnya suka yang aneh-aneh, seperti .tk .co.cc yang akan terlihat kuno ketika diterapkan pada blog kita dan juga kurang terlihat kegantengannya.

Banyak penyedia sewa domain, seperti Godady, Namecheap, dll. selain itu juga jika yang belum bisa membayar dengan dollar, kita bisa menyewa penyedia yang ada di Indonesia, seperti Niagahoster, Rumah web, dll.

Keuntungan memilih penyedia di luar negeri adalah pelayanannya yang memang berkualitas, tetapi kita harus membayarnya dengan dollar, dan juga kita setidaknya sedikit-dikit mampu dalam berbahasa Inggris untuk keperluan seperti bertanya-tanya, dan lainnya.

Keuntungan memilih penyedia lokal adalah dalam pembayarannya yang mudah, karena kita dengan penyedia menggunakan mata uang yang sama, dan juga ketika berkomunikasi dengan penyedia akan lebih mudah, tetapi kualitas yang ditawarkan memang kualitas lokal, tidak sebagus penyedia asing, tetapi untuk yang blog atau websitenya masih berukuran kecil, tidak ada salahnya untuk memilih penyedia ini.

Untuk blog ini saya menyewa domain di niagahoster.co.id dengan biaya pertahun Rp 115.000, jika sedang ada promo harganya bisa agak turun, tetapi menurut saya harga segitu sudah pas untuk domain yang saya pakai yaitu .com.

Alasan saya memilih di Niagahoster adalah dalam pembayarannya yang mudah, dulu saya membayar uang sewa melalui Alfamart, ketika sudah dibayarkan, domain langsung aktif, dan bisa segera dipasang diblog kesayangan kita.

Nah setelah memilih domain yang tepat, langkah selanjutnya adalah mengganti domain situs kita.

Mungkin sekian dari saya tentang tips memilih domain yang tepat, terimakasih telah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.

Silakan untuk berkomentar.

Wassalamu'alaikum wr wb.
Next Article
Newer Post
Previous Article
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

Format untuk memasukkan gambar [img]url gambarnya[/img]
Untuk tebal <b>teksnya</b>
Untuk miring <i>teksnya</i>
Untuk memasukkan kode [code]kodenya di sini[/code]
Menyisipkan link aktif akan langsung terhapus :)