Assalamu'alaikum wr wb

Kangghani.com - Waktu itu akan diadakan UTS, seluruh materi yang diajarkan sudah ada di buku catatan saya, termasuk materi yang dosen berikan dalam bentuk power point, word, dan pdf sudah ada dalam laptop saya. Hari demi hari saya belajar dengan menggunakan laptop hingga akhirnya mata saya perih dan banyak jeda untuk mengistirahatkan mata sejenak. Lalu saya berfikir bagaimana jika saya print saja file tersbut, tetapi saya juga berfikir kan file tersebut berwarna (tidak hitam putih saja), nanti kalo diprint tinta print berwarnanya cepet habis dong (kebetulan tinta warna printer saya sudah mau habis), lalu saya mengubek-ubek cara agar bisa print dalam bentuk hitam putih dan teryata di aplikasi office sudah ada pengaturannya, lalu saya beralih ke pdf, dan setelah dicari-cari saya menemukan caranya.

Cara Print Hitam Putih di Word dan PDF

Cara Print Hitam Putih di Word dan PDF
Hasil printnya

Dari pengalaman saya di atas, disini kita akan mencoba mengeprint hitam putih di word, power point, dan pdf. Sebenarnya caranya mudah sekali asal kita jeli melihat pengaturan saat printnya, tapi untuk yang masih kebingungan, berikut langkah-langkahnya.

Pada aplikasi office (word, power point, dsb.).


  1. Buka dokumen yang akan diprint.
  2. CTRL + P
  3. Pada bagian color, pilih Grayscale atau Pure Black and White.
    Cara Print Hitam Putih di Word dan PDF
  4. Print.

Pada Dokumen PDF

Saya menggunakan aplikasi Foxit Reader untuk membuka file pdf dan printer saya bermerk Canon MP287

  1. Puka dokumen pdfnya.
  2. CTRL + P
  3. Pilih Properties.
    Cara Print Hitam Putih di Word dan PDF
  4. Pada Aditional Features, pilih Grayscale printing.
    Cara Print Hitam Putih di Word dan PDF
  5. Ok.

Dan akhirnya kita berhasil untuk print hitam putih pada dokumen kita, dengan cara ini kita akan bisa menghemat kantong kita saat akan mengeprint dokumen apalagi yang di rumahnya tidak punya printer pasti bakal print di luar yang harus mengeluarkan kocek yang lumayan jika printnya berwarna.

Penutup



Tutorial ini salah satu dari Panduan Lengkap Belajar MS Word Bagi Pemula, silakan mengunjunginya untuk mendapatkan lebih banyak panduan / tutorial Microsoft Word.

Semoga dari pengalaman saya ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua, mungkin sekian dari postingan kali ini, dan terimakasih telah mengunjungi blog saya.

Silakan untuk berkomentar.

Wassalamu'alaikum wr wb.
Next Article
Newer Post
Previous Article
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

Format untuk memasukkan gambar [img]url gambarnya[/img]
Untuk tebal <b>teksnya</b>
Untuk miring <i>teksnya</i>
Untuk memasukkan kode [code]kodenya di sini[/code]
Menyisipkan link aktif akan langsung terhapus :)