Assalamu'alaikum wr wb.

Jika kita telah membuat blog, maka tidak ada salahnya untuk mengganti domain bawaannya (.blogspot.com) menjadi custom domain TLD (Top Level Domain), contohnya seperti .com .id .web.id .co.id, dan sebagainya.

Tetapi ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum kita mengganti domain blog, yaitu memilih domain yang tepat untuk blog kita.

Biasanya orang yang mengganti domain blognya dengan domain TLD bertujuan agar blog yang dikelolanya terlihat lebih profesional, keren, dan url blognya tidak terlalu panjang sehingga mudah untuk diingat oleh siapa pun, juga terlihat keren pada address bar browser kita.

Jika kita sudah menyewa domain, langkah selanjutnya adalah mengganti domain blog yang lama menjadi domain yang baru, berikut akan kita bahas.

Cara Mengganti Domain Blog Menjadi Domain TLD

Cara Mengganti Domain Blog Menjadi Domain TLD

Biasanya untuk mengganti domain bawaan blogspot menjadi domain TLD kita diharuskan untuk membuat Record CNAME, dan A Record pada penyedia layanan domainnya, berikut adalah langkah-langkah pengerjaannya.

Perlu diketahui, disini saya menggunakan jasa niagahoster untuk menyewa domain, jadi untuk yang berbeda penyedianya mungkin akan sedikit berbeda langkah-langkahnya, tetapi pada dasarnya adalah sama yaitu menambahkan record CNAME dan A record.

  1. Di Blogger, pergi ke Setelan > Dasar.
  2. Pada Alamat Blog, pilih Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog anda.
  3. Masukkan nama domain TLD nya, penulisannya www.domain.com, lalu pilih Simpan, maka kita akan mendapatkan pesan error, dan ada beberapa informasi yang bisa kita ambil untuk konfigurasi selanjutnya, yaitu untuk memasukkan record CNAME kedalam penyedia layanan domain.
    Cara Mengganti Domain Blog Menjadi Domain TLD
  4. Sekarang masuk ke penyedia layanan domain, jika menggunakan niagahoster, pilih Produk & Layanan, Pilih DNS Management, dan pilih Add New Record.
  5. Yang pertama pilih record type CNAME, domain diisi www, hostname diisi ghs.google.com, Simpan.
    Cara Mengganti Domain Blog Menjadi Domain TLD
  6. Yang kedua pilihh record type CNAME juga, lalu lihatlah contoh gambar berikut untuk memudahkan dalam pemahamannya, lalu simpan.
    Cara Mengganti Domain Blog Menjadi Domain TLD
  7. Selanjutnya masukan 4 record type A Record, untuk domainnya isi dengan @, lalu IP or Hostname yang masing-masing di isi dengan 216.239.32.21, 216.239.34.21, 216.239.36.21, 216.239.38.21 
    Cara Mengganti Domain Blog Menjadi Domain TLD
  8. Sehingga hasil akhirnya menjadi seperti gambar dibawah ini. Total semuanya ada 6 record, yang terdiri dari 2 record CNAME dan 4 dari A Record.
    Cara Mengganti Domain Blog Menjadi Domain TLD
  9. Sekarang pergi ke Blogger, pilih Simpan, jika masih terdapat error, bersabarlah karena di beberapa kejadian memang memakan waktu agak lama.
  10. Dan selesai.
    Cara Mengganti Domain Blog Menjadi Domain TLD

Dan satu lagi, jangan lupa untuk mencentang alihkan domain.com ke www.domain.com, lalu simpan.
Cara Mengganti Domain Blog Menjadi Domain TLD

Hal Yang Dilakukan Setelah Ganti Domain 

Setelah blog kita diganti menjadi domain TLD, dan mengingat domain yang kita pasang adalah domain yang fresh, belum ada traffic, index google, dan lainnya, kita harus melakukan beberapa tindakan, diantaranya.

Mendaftarkan domain baru ke Webmaster Tools, Google Analytics, dan Alexa.

Karena domain yang baru telah menggantikan domain yang lama, maka kita harus memasukkan domain yang baru tersebut ke beberapa situs yang membantu dalam mengelola blog kita, diantaranya adalah Webmaster Tools, Google Analytics, dan Alexa, apabila situs yang sebelumnya juga di daftarkan ke histats, ataupun situs analisis lainnya, maka domain baru juga harus di daftarkan.

Baca: Cara Mendaftarkan Blog ke Webmaster Tools
Baca: Cara Mendaftarkan Blog ke Alexa

Mengirimkan sitemap (peta situs) kembali

Setelah berhasil mendaftarkan domain baru kita ke webmaster tools, langkah selanjutnya adalah memasukkan peta situsnya, hal ini digunakan agar blog yang memiliki domain baru cepat terindex oleh Robot Google, sehingga dapat segera memulihkan pengunjung yang turun kembali ke normal.

Baca: Cara Mengirimkan Sitemap ke Google Webmaster Tools

Rajin membuat postingan

Dengan mendaftarkan kembali ke webmaster tools dan mengirimkan ulang peta situs, bukan berarti tugas kita sudah selesai, agar blog yang kita kelola dengan domain baru cepat terindex oleh Google, maka kita juga harus rajin membuat postingan, dan tentunya postingan tersebut bukan hanya sekedar postingan biasa, tetapi kita harus membuat postingan yang luar biasa berkualitas, yang dimaksud berkualitas adalah bukan hanya dari postingannya yang panjang, melainkan seberapa detail informasi yang disampaikan, seberapa human friendly postingan tersebut, sehingga banyak orang yang mengerti maksud dan tujuan dari isi postingannya.

Dari serangkaian tindakan tadi, mungkin memerlukan waktu yang memang tidak sebentar, seperti yang terjadi pada blog ini, dulu blog ini beralamat ghaniblogs.blogspot.com dan diganti menjadi www.kangghani.com, setelah diganti, pada hari pertama visitor turun hingga kurang lebih 1000 visitor, sampai saat saya menulis postingan ini, domain baru yang dipakai masih berumur 2 hari, entah apa yang terjadi nantinya di hari esok, kita tunggu saja.

Mungkin sekian dari saya tentang cara mengganti domain blog menjadi domain TLD, terimakasih telah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.

Silakan untuk berkomentar.

Wassalamu'alaikum wr wb.
Next Article
Newer Post
Previous Article
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

Format untuk memasukkan gambar [img]url gambarnya[/img]
Untuk tebal <b>teksnya</b>
Untuk miring <i>teksnya</i>
Untuk memasukkan kode [code]kodenya di sini[/code]
Menyisipkan link aktif akan langsung terhapus :)