Cara Mengatasi Android Bootloop - Bootloop android adalah suatu keadaan dimana ketika ponsel dinyalakan hanya stuck pada logo, so android tidak bisa masuk ke homescreennya, untuk cara mengatasi android bootloop ada beberapa macam, ada yang menggunakan/ tanpa pc, dan ada yang dengan flashing/ tanpa flashing. Penyebab terjadinya bootloop pada android bisa saja salah satunya setelah menggant font, memasang script, kesalahan saat modding, dll. Berikut akan kita bahas mengenai:

Cara Mengatasi Android Bootloop 

Cara Mengatasi Android Bootloop
Mengatasi Android Bootloop

     Cara mengatasi bootloop ada beberapa macam, kita bisa mengatasinya dengan cara flashing/ tanpa flashing, tanpa menggunakan pc, menggunakan aroma file manager dan lain-lain, untuk cara-caranya mari kita simak berikut ini:

Mengatasi android bootloop tanpa flashing


Note: jangan terpaku terhadap kasus/permasalahannya, tapi fokuskan ke cara mengatasinya, bisa saja pada kasus yang berbeda bisa diatasi dengan penyelesaian yang sama.

     Kasus pertama, entah mengapa dulu ponsel saya mengalami bootloop yang tidak tahu disebabkan oleh apa, pada saat bermain game ponsel tiba-tiba merestart dengan sendirinya dan mengalami bootloop, saya pun langsung mematikan paksa ponsel dengan mencabut baterai, memasangkannya, dan menyalakan kembali ponsel android saya, and finally my android sehat kembali.

     Kasus kedua, ketika sudah mengganti font, dan selesai menerapkannya ponsel direstart lalu tiba-tiba ponsel android bootloop / stuck pada logo. Jangan khawatir, untuk kasus ini kita bisa menggunakan aroma file manager untuk mengatasinya, lalu bagaimana caranya? berikut langkah-langkahnya:

     Note: saya menggunakan recovery cwm, jadi klo masih stock recovery saya kurang tahu apakah bisa atau tidak, tapi silakan untuk mencobanya terlebih dahulu. 

     Biasanya pada aplikasi perubah font sudah langsung membackup font default android ke sdcard, saya tidak tahu dimana lokasinya krn setiap aplikasi memiliki perbedaan penyimpanannya masing-masing, so cari file font tersebut karena nanti akan dipakai.

Download aroma file manager klik disini > Simpan di sdcard (diluar folder) > Masuk ke recovery (pada sebagian ponsel dengan tombol power + vol up saat ponsel dalam keadaan mati, jika tidak bisa googling caranya karena setiap ponsel bisa saja berbeda untuk masuk ke menu recovery) > Mount /system > Install zip from sdcard > pilih file aromanya > copy file fontnya > paste di /system/font > jangan lupa permissionnya disamakan dengan yang lainnya.

     Bukan hanya font saja yang bisa dikembalikan, jika kita tahu penyebab pastinya, dan tahu letak penyimpanannya dimana, kita bisa mengembalikannya menggunakan aroma file manager.

     Kasus ketiga, seperti kasus yang pertama android bootloop, hanya saja cara mengatasinya yaitu dengan masuk ke recovery lalu lakukan wipe data.

Mengatasi android bootloop dengan flashing


     Cara ini digunakan apabila ada kesalahan pada ponsel android yang memang harus melakukan flashing, untuk para opreker mungkin sudah pada tahu waktu yang diperlukan untuk melakukannya. Untuk yang tidak mengetahuinya kita bisa dengan mengambil ciri-cirinya:

  1. Gak ngapa-ngapain, pas dicharge restart sendiri lalu bootloop, sudah coba restart beberapa kali sama saja, sudah di wipe data juga gak ada pengaruhnya.
  2. Salah ngeflash, atau ngemodding sesuatu dan tidak ada gantinya (file backup tidak ada).

     Cara flashingnya bagaimana? saya belum sempat untuk membuatkan tutorialnya, tetapi harus diketahui bahwa setiap hp bisa saja berbeda cara flashnya, jadi berhati-hatilah dalam mengeksekusi tutornya, malah jadi ponsel android bootloop untuk selamanya :v, untuk lebih aman bisa dengan bergabung grup facebook yang namanya sejenis dengan ponsel kita lalu menanyakan tentang permasalahan yang dialami., atau menanyakannya ke forum android seperti XDA Developers.

Pertanyaan:

A: Capek nih bootloop terus, solusinya gimana?
B: Sebelum ngoprek biasakan untuk membackup seluruh data yang ada, agar jikalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti bootloop, mengatasinya bisa dengan merestore data yang sebelumnya.
A: Terus dimana tutorialnya?
B: Di blog ini ada 2 macam backup, yang satu adalah backup aplikasinya saja, baca cara backup dan restore aplikasi android, dan yang satu lagi ada backup seluruh data menggunakan recovery cwm, baca cara backup dan restore android.

     Ada yang ngin ditanyakan? tulis di kolom komentar ya, barangkali saya bisa membantu.

     Nah mungkin sekian dari postingan tentang Cara Mengatasi Android Bootloop, terimakasih sudah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.

    Untuk melihat kumpulan tutorial modding android lainnya klik http://www.kangghani.com/2014/11/kumpulan-tutorial-modding-android.html
Next Article
Newer Post
Previous Article
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

Format untuk memasukkan gambar [img]url gambarnya[/img]
Untuk tebal <b>teksnya</b>
Untuk miring <i>teksnya</i>
Untuk memasukkan kode [code]kodenya di sini[/code]
Menyisipkan link aktif akan langsung terhapus :)