Assalamu'alaikum wr wb.

    Komputer, netbook, smartphone, dan perangkat lainnya bisa dioperasikan oleh kita karena paling tidak mempunyai satu sistem operasi, sistem operasi yang kini sudah berkembang pesat, hingga jam tangan, dan kacamata pun bisa ditanam sistem operasi, nah lalu apa itu sistem operasi, berikut yang akan kita bahas.

Pengertian Sistem Operasi dan Contohnya
Pengertian Sistem Operasi dan Contohnya

Pengertian Sistem Operasi (Operating System)

    Sebelum kita membahas pengertian sistem operasi, alangkah baiknya kita tahu terlebih dahulu arti perkatanya, kita mulai dari sistem, sistem adala sesuatu yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, sedangkan operasi bisa dikatakan sebagai tindakan atau pelaksanaan sebuah rencana, dari kata tersebut kita bisa menyimpulkan pengertian sistem operasi menurut istilah adalah sesuatu yang saling berhubungan yang melaksanakan suatu tindakan. Adapun pengertian bahasa ITnya adalah sebuah perangkat lunak dasar yang mengelola perangkat keras, menjalankan aplikasi, dan juga untuk mengelola operasi-operasi dasar komputer.

Fungsi Sistem Operasi.

    Sesuatu yang diciptakan pasti memiliki fungsi, sistem operasi pun sama, berikut fungsi-fungsi dari sistem operasi:

Untuk menjalankan aplikasi
     Coba bayangkan jika kita ingin menjalankan suatu aplikasi misalnya sebuah game di PC, sedangkan di PC tersebut belum terinstall sistem operasi, maka game tersebut tidak bisa dijalankan karena tidak ada suatu sistem yang memproses aplikasi tersebut.

Memudahkan ketika mengoperasikan perangkat
     Ketika kita menulis suatu tulisan pada suatu aplikasi, maka sistem operasi membantu menjalankan perintah-perintah pada aplikasi tersebut untuk menuliskannya, keyboard yang ditekan akan diproses di sistem operasi dan menampilkannya ke aplikasi tersebut, ketika tidak ada sistem operasi, menulis sesuatu pasti akan kesusahan.

Mengefisienkan sumber daya
     Sistem operasi bisa mengkontrol hardware yang terpasang diperangkatnya, misalkan bisa untuk mengatur kecerahan layar sehingga daya yang dikeluarkan akan lebih sedikit, dan lainnya.

Contoh Sistem Operasi

    Banyak sekali sistem operasi yang sudah dibuat sampai saat ini, berikut adalah beberapa dari macam-macam sistem operasi:

Unix
    Unix adalah sistem operasi yang dimana dalam penggunaannya hanya menampilkan text mode saja, OS ini dibuat oleh Dennis Richie dan Ken Thompson. Unix ini didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking, dan multi-user.

Windows
    Windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft yang dipimpin oleh Bill Gates yang juga sebagai pencipta sistem operasi tersebut, Microsoft Windows adalah sistem operasi yang berbayar, jadi kita harus membeli lisensinya terlebih dahulu untuk menggunakannya, hingga sekarang sistem operasi ini memiliki banyak versi, misalkan windows xp, windows vista, windows 7, windows 8, dan yang baru sekarang adalah windows 10. Dalam pengoperasian windows ini akan lebih mudah dibandingkan sistem operasi yang hanya menampilkan text mode saja, karena windows ini sudah menampilkan User Interface yang menampilkan gambar.

Mac OS
    Mac OS ini adalah sistem operasi yang dibuat oleh Steve Jobs dan dikembangkan oleh perusahaan Apple, Mac OS ini terkenal sebagai sistem operasi yang premium, karena kita hanya bisa mendapatkan sistem operasi ini ketika kita membeli perangkat Apple saja yang harganya memang relatif agak tinggi, Mac OS juga mempunyai banyak versi seperti Rhapsody, Kodiak, Cheetah, Puma, Jaguar, Phanter, Tiger, dll.

iOS
    iOS adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Apple, sistem operasi ini bergerak di perangkat mobile atau smartphone, sama seperti Mac OS, sistem operasi ini tidak bisa dipasang pada perangkat lain selain iPhone produk dari Apple.

Linux
    Linux adalah sistem operasi yang dibuat oleh Linus Torvalds, OS ini diturunkan dari sistem operasi Unix, OS ini juga bersifat open source, maka jangan heran jika linux ini memiliki banyak sekali versi hingga saat ini. Kita bisa melihat dan mendownload linux di distrowatch.com, adapun beberapa versi Linux adalah Ubuntu, Debian, RedHat, Kali, Fedora, dsb. Adapun versi linux karya anak bangsa diantaranya, BlankOn, IGOS Nusantara, ZenCafe, dan masih banyak lagi.

Android
    Sama seperti iOS, Android juga adalah sistem operasi mobile, sistem operasi ini dikembangkan oleh perusahaan Google, sistem operasi ini bersifat open source, jadi siapa pun bisa memodifikasi, mendistribusikan kepada orang lain secara gratis, android ini sistem operasi yang banyak digunakan pada smartphone saat ini, tapi bukan hanya smartphone saja yang sudah dipasang Android, kini jam tangan, kaca mata pintar, dan peralatan lainnya pun sudah bisa ditarapkan. Adapun beberapa versi android yaitu, Cupcake, Donut, Esclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Kitkat, Lollipop, dan yang paling baru diliris adalah Android versi Marshmallow.

    Sebenarnya masih banyak lagi contoh dari sistem operasi tersebut, misalnya Symbian, Ubuntu Touch, dll. Untuk sistem operasi yang pernah saya gunakan di antaranya adalah Windows, Linux, Symbian, dan Andoid.

    Mungkin sekian dari Pengertian Sistem Operasi dan Contohnya, terimakasih sudah mengunjungi blog ini dan semoga bermanfaat.

Silakan untuk berkomentar.

Wassalamu'alaikum.
Next Article
Newer Post
Previous Article
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

Format untuk memasukkan gambar [img]url gambarnya[/img]
Untuk tebal <b>teksnya</b>
Untuk miring <i>teksnya</i>
Untuk memasukkan kode [code]kodenya di sini[/code]
Menyisipkan link aktif akan langsung terhapus :)