Selasa, 02 Juni 2015

Cara Memblokir Situs Web di Komputer / Laptop

Cara Memblokir Situs Web di Komputer / Laptop

Assalamu'alaikum wr wb
Cara Memblokir Situs Web di Komputer / Laptop
Perkembangan internet yang sangat begitu pesat menjadikan suatu media yang sangat dibutuhkan di masa sekarang ini, didalamnya banyak memberi manfaat untuk kita semua, tapi ada juga yang tidak memberikan manfaat sama sekali sampai-sampai terjerumus kepada maksiat, seperti menonton video porno, berjudi, dsb. Meskipun ISP / penyedia jasa internet sudah memblokit situs-situs yang berbahaya tersebut tapi masih ada beberapa yang masih lolos, maka dari itu kita harus mencegahnya dengan cara memblokir situs tersebut langsung dari komputer / laptop kita.

Ada beberapa cara untuk memblokit situs web di komputer / laptop kita, tapi pada kesempatan kali ini saya akan memakai cara mudah, yaitu mengedit file hosts yang berada di system windows. Cara kerjanya adalah ketika seseorang mengunjungi situs yang sudah kita blok pada komputer / laptop kita maka komputer langsung mengalihkannya ke localhost jadi situs tersebut tidak bisa terbuka, untuk caranya simak berikut ini.

Langkah-langkah Cara Memblokir Situs Web di Komputer / Laptop


  1. Jalankan notepad, buka sebagai administrator. Klik kanan pada notepad > run as administrator.
    Cara Memblokir Situs Web di Komputer / Laptop
  2. Klik menu file > Open... > pergi ke C:\Windows\System32\drivers\etc > Pilih All files (*.*) > pilih file hosts > Open
    Cara Memblokir Situs Web di Komputer / Laptop
  3. Untuk menambahkan situs yang ingin di blok, anda bisa menambahkan 127.0.0.1 lalu situs yang ingin di blok, jika situsnya lebih dari 1 maka bariskan kebawah, seperti gambar dibawah ini.
    Cara Memblokir Situs Web di Komputer / Laptop
  4. Save, dan selesai, sekarang coba anda buka situs web yang tadi blokir, maka situs tersebut akan di alihkan ke localhost.
  5. Untuk mengembalikannya seperti semula anda hanya tinggal menghapus baris yang tadi di tambahkan pada file host, lalu save.

Gimana nih ? mudah bukan ? saya harap begitu. Mungkin sekian dari saya tentang Cara Memblokir Situs Web di Komputer / Laptop, terimakasih sudah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk berkomentar.

Wassalamu'alaikum wr wb

Orang biasa yang senang belajar. Senang ngoprek dan menulis sesuatu yang berbau teknologi, desain grafis, dan hal random lainnya.

2 komentar

  1. Nicepost Jangan Lupa kunjungi blog saya : http://installaptopsurabaya.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. NIce Info http://servislaptopmurahsurabaya.blogspot.co.id

    BalasHapus

Silakan Berkomentar