Sistem operasi Android memang mengasikan untuk dipakai sehari-hari, entah itu bermain game, chatingan, bermain di media sosial, dll. Semua kegiatan tersebut ada yang berdampak positif ada pula yang berdampak negatif bagi tubuh kita dan juga bagi perangkat yang kita pakai tersebut. Salah satu dampak negatifnya adalah ponsel android menjadi boros baterai karena seringnya dipakai oleh kita.

    Borosnya baterai tersebut bisa saja disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang berjalan di background, sehingga penggunaan baterai pun menjadi boros, tidak hanya itu saja, terkadang ponsel android juga bisa menjadi panas, dan sebab-sebab lainnya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang masalah tersebut berikut solusinya yaitu cara menghemat baterai android dengan benar sehingga daya tahan baterai ponsel meningkat, berikut kita bahas.

Cara Menghemat Baterai Android Dengan Benar

Cara Menghemat Baterai Android

    Ada beberapa yang harus kita lakukan ketika ingin menghemat baterai android kita, berikut
diantaranya:

Merubah mode jaringan
    Mode jaringan ini berpengaruh terhadap ketahanan baterai, semakin kecil sinyalnya (entah itu 2G, 3G, 4G) maka semakin besar daya yang dikeluarkan oleh ponsel, mengapa demikian? karena ponsel akan memancarkan dayanya terus menerus dan semakin besar hingga bisa terhubung dengan jaringan yang ada pada wilayah cakupannya. Lebih baik ketika kita berpergian ke tempat yang memang sulit mendapatkan sinyal, kita bisa merubahnya ke mode pesawat sehingga dapat menghemat baterai android.

Gunakan kartu SIM seperlunya
    Kebanyakan ponsel android sekarang menggunakan dual SIM card yang menjadikan kita bisa memiliki 2 nomor di sebuah ponsel android. Dengan menggunakan 2 SIM card maka daya yang dikeluarkan pun akan lebih banyak dibanding dengan yang menggunakan single card, kita bisa memikirkannya terlebih dahulu apakah penting kita memasang 2 SIM card, jika tidak terlalu penting kita bisa menggunakan single SIM saja untuk memperhemat penggunaan baterai android kita.

Mematikan wifi dan bluetooth.
    Wifi dan bluetooth adalah konektifitas yang berguna sekali, yaitu untuk internetan gratis (biasanya untuk para jomblo) dan mengirim berbagai file. kita dianjurkan untuk menggunakan wifi dan bluetooth seperlunya saja, jika sudah digunakan lebih baik untuk langsung mematikannya agar menghemat baterai android.

Mengatur kecerahan layar
    Layar sangat penting pada android, tanpa layar kita tidak bisa melakukan banyak hal dengan ponsel kita (ya iyalah). Pada layar android, tingkat kecerahan layar bisa mempengaruhi daya tahan baterai, semakin cerah layarnya, maka semakin besar daya yang dikeluarkan dari baterai. Gunakan tingkat kecerahan yang full pada keadaan tertentu saja, seperti ketika di bawah sinar matahari karena layar menjadi silau dan tampilan pada android tidak akan terlihat. Gunakan tingkat kecerahan yang minim ketika keadaan di sekeliling kita agak gelap salah satunya seperti di dalam ruangan, selain untuk menjaga kesehatan mata, menggunakan kecerahan minim pun akan menghemat baterai android kita.

Menggunakan mode getar atau senyap (silent)
    Mode ini lebih menghemat baterai dari pada mode dering yang mengeraskan suara ketika ada pemberitahuan dan ketika menggunakan aplikasi yang bersuara. Gunakan mode ini ketika ponsel ada di genggaman kita, pada saku, dan tempat yang tidak jauh dari kita namun ponsel terlihat atau bisa dirasakan keberadaannya. Jika ponsel ada di dalam tas lebih baik menggunakan mode berdering saja karena takutnya ada pemberitahuan penting dari seseorang apapun itu.

Menggunakan aplikasi penghemat baterai
    Kita bisa saja menggunakan aplikasi penghemat baterai, seperti Juice Defender untuk menghemat baterai android kita. Keadaan ponsel yang rooted akan memudahkan aplikasi tersebut untuk bekerja secara leluasa sehingga kontrol hardware bisa dengan otomatis diaturnya dan menjadikan daya tahan baterai meningkat. Untuk yang belum rooted juga bisa menggunakan aplikasi tersebut, hanya saja beberapa fasilitas yang ada pada aplikasi tersebut tidak sepenuhnya bisa dijalankan.

Menggunakan tweak penghemat baterai
    Untuk yang androidnya sudah rooted, kita bisa menggunakan tweak penghemat baterai, sebelum kita menerapkan tweak tersebut alangkah baiknya untuk backup data terlebih dahulu untuk berjaga-jaga apabila ada sesuatu hal yang tidak diinginkan oleh kita. Untuk tweaknya sendiri saya senang mencarinya di forum XDA Developers, forum tersebut menggunakan Bahasa Inggris, jadi jika belum paham betul siapkan translator untuk memudahkan pemahaman kita.

Men-charge ponsel pada keadaan mati
    Men-charge ponsel pada keadaan mati bukan hanya mengurangi penggunaan baterai yang biasanya ketika men-charge pada keadaan hidup, tapi juga bisa meningkatkan ketahanan atau ke awetan baterai android kita.

Menggunakan ponsel seperlunya
    Gunakan ponsel seperlunya saja ketika ada hal yang penting, penggunaan ponsel yang terus-menerus akan mempengaruhi daya tahan baterai ponsel. Menggunakan ponsel seperlunya juga menghindarkan kita dari sikap ketergantungan, terlalu lama menggunakan ponsel juga dapat mengakibatkan mata kita rusak karena radiasi yang dipancarkannya. Banyaklah bergaul dengan orang yang di sekeliling kita, jangan sampai kita diperbudak oleh ponsel yang kita beli.

    Itu tadi adalah sebagian dari cara penghematan baterai ponsel android, jika kita melakukannya dengan benar maka kita bisa menghemat penggunaan baterai dari penggunaan yang sebelumnya. Jika masih saja boros karena memang umur baterai yang sudah lama, kita bisa membeli baterai baru yang kapasitasnya sama atau yang kapasitasnya 2x lipat (double power), tapi berhati-hatilah ketika membelinya, boleh jadi baterai yang kita beli itu adalah baterai yang palsu, cobalah membeli sesuatu langsung dari gerai ponsel yang bersangkutan.

    Mungkin sekian dari postingan yang berjudul Cara Menghemat Baterai Android Agar Tahan Lama, terimakasih sudah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.

         Untuk melihat kumpulan tutorial modding android lainnya klik http://www.kangghani.com/2015/11/kumpulan-cara-modding-android.html

Silakan untuk berkomentar.

Wassalamu'alaikum wr wb.
Next Article
Newer Post
Previous Article
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

Format untuk memasukkan gambar [img]url gambarnya[/img]
Untuk tebal <b>teksnya</b>
Untuk miring <i>teksnya</i>
Untuk memasukkan kode [code]kodenya di sini[/code]
Menyisipkan link aktif akan langsung terhapus :)