Assalamualaikum wr wb

Cara Backup dan Restore File Android

  Seorang opreker android pasti sudah tak asing lagi dengan kata error hehehe ... seperti bootloop, brick, dll sehingga harus diperbaiki yang terkadang harus menghapus semua data di android kita, sehingga aplikasi yang kita download akan terhapus.

  Nah untuk mengatasi kasus seperti itu para opreker android sering membackup file androidnya sehingga ketika terjadi error maka hanya harus melakukan restore dari data hasil backup tersebut.

  Sebelum kita mengetahui cara backup dan restore android kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu backup dan restore android, backup dalam android adalah menyalin file yang di perlukan untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu pada ponsel android anda, sedangkan restore adalah menempatkan kembali file hasil backup ke tempatnya masing-masing sehingga kembali ke keadaan ketika backup data. Berikut saya sampaikan

  Cara Backup dan Restore File Android


  Pertama cara backup dan restore android menggunakan recovery cwm (clock work mod), jika anda ingin melakukan backup dan restore dengan cwm, ponsel anda harus rooted terlebihdahulu, dan sudah di pasang recovery cwm, berikut langkah-langkah backup dan restore file android:
  1. Masuk ke recovery dengan cara mematikan ponsel lalu tekan tombol kombinasi power + vol up (beda perangkat beda tombol kombinasinya) atau dengan menggunakan aplikasi terminal emulator, install dan buka aplikasinya lalu ketik su (enter) ketik reboot recovery (enter)
  2. Pilih backup and restore
  3. Pilih backup
  4. Tunggu sampai proses backup selesai
  5. Jika sudah silahkan reboot ponsel anda.
  Untuk hasil backupnya ada pada  sdcard/clockworkmod/backup
  Untuk cara restore menggunakan cwm, berikut langkah-langkahnya:
  1. Masuk ke recovery
  2. Pilih backup and restore
  3. Pilih restore


  Kedua cara backup dan restore android menggunakan titanium backup, untuk cara ini biasanya saya menggunakannya hanya untuk membackup aplikasi yang di install maupun aplikasi yang ada pada system, berikut langkah-langkah untuk backup dan restore android menggunakan titanium backup:
  1. Install, dan buka aplikasi titanium backupnya
  2. Pilih tanda ceklis di pojok atas kanan
  3. Disana ada beberapa pilihan backup, backup all user apps untuk membackup semua aplikasi kecuali aplikasi sistem, Backup all system data hanya untuk membackup aplikasi system, Backup all user apps + system data untuk backup aplikasi system dan aplikasi lainnya, dll pilih salah satu saja.
  4. Pilih aplikasi yang inginn di backup, jika sudah pilih tanda ceklis hijau di pojok kanan atas.
  5. Tunggu prosses
  6. Selesai.
Untuk cara restore menggunakan titanium backup sebagai berikut:
  1. Buka titanium backup
  2. Pilih tanda ceklis di pojok kanan atas
  3. Pilih Run Restore all apps with data.
  4. Pilih aplikasi mana saja yg ingin di restore, lalu pilih tanda ceklis berwarna hijau di pojok kanan atas.
  5. Tunggu prosesnya
  6. dan Selesai.

  Nah mungkin sudah jelas untuk cara backup dan restore data / file android, selanjutnya silahkan oprek lagi androidmu, silahkan buka kumpulan toturial modding android disini.

  Sekian dari saya tentang Cara Backup dan Restore File Android, terimakasih sudah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.

  Silahkan untuk berkomentar.
Next Article
Newer Post
Previous Article
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

Format untuk memasukkan gambar [img]url gambarnya[/img]
Untuk tebal <b>teksnya</b>
Untuk miring <i>teksnya</i>
Untuk memasukkan kode [code]kodenya di sini[/code]
Menyisipkan link aktif akan langsung terhapus :)