Assalamualaikum wr wb
Persiapan Sebelum Membuat Blog

  Ada tujuan tersendiri orang membuat blog, ada yang dibuat untuk bisnis online, sharing, dan sebagainya, tapi bagaimana jika membuat blog tanpa dengan tujuan ? pasti nantinya blog tersebut akan acak - acakan karena tidak ada persiapan sebelum membuat blog.

  Sebelum melakukan apapun kita pastinya harus mempunyai persiapan terlebih dahulu, sama seperti membuat blog kita harus mempersiapkannya terlebih dahulu, jangan tergesa - gesa, berikut ada beberapa hal yang patut anda perhatikan.

5 persiapan sebelum membuat blog


1. Tentukan tujuan anda membuat blog

  Tentukanlah tujuan mengapa anda membuat blog ? apakah ingin sharing saja, bisnis online, mendapatkan uang dari blog, atau karena tugas sekolah, atau yang lainnya, pastinya anda harus menentukan terlebih dahulu tujuannya terlebih dahulu, anda harus mempertimbangkan sebab akibat yang di timbulkan ketika anda sudah menentukan tujuan blog anda, jika saya membuat blog yang tujuannya seperti ini dampak kedepannya akan bagaimana, dan sebagainya anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu.

2. Tentukan niche / tema blog

  Tema blog menjadi sesuatu yang harus di tentukan sebelum membuat blog, tema blog harus berdasarkan pengetahuan atau pengetahuan sang pembuat blog, jika misalkan pembuat blog berpengalaman pada bidang elektronika maka tema blog nya juga harus tentang elektronika, jangan malah mengambil tema yang tidak bisa kita kuasai yang ujung - ujungnya copy paste artikel orang lain, dan tema blog juga menentukan target pengunjung anda apakah dari kalangan pelajar, wanita, pria, atau yang lainnya.

3. Tentukan tempat ngeblognya / platform blog

  Pilihlah platform blog yang tepat seperti blogger, joomla, wordpress, dll, yang pastinya sesuai dengan keahlian anda dalam dunia blogging, untuk yang pemula bisa mencoba blogger terlebih dahulu, jika yang sudah ahli biasanya akan memilih wordpress self host atau wodrpress yang hostingan sendiri.

4. Tentukan template blog

  Template menjadi salah satu yang harus diperhatikan, apakah template tersebut sudah SEO (search engine optimalization), ringan dalam arti tidak lama saat load halaman, responsif atau tidak, atau yang lainnya, asalkan pengunjung blog kita tidak kesusahan untuk mencari informasi yang dia cari dan pengunjung blog kita merasa nyaman di blog kita, seperti warna yang dipakai di template tersebut, jenis font yang digunakan, lebar tingginya template, widget yang diperlukan, dll.

5. Hal lainnya yang bisa dipersiapkan

  Anda bisa mempersiapkan juga seperti artikel panduan ngeblog agar tidak salah saat blogging, fan page blog di facebook, atau yang akan membuat blog dengan tujuan bisnis online harus mempersiapkan no hp, pin BBM, dll yang pastinya hal tersebut dapat memudahkan anda mencapai tujuan anda dalam ngeblog.

  Nah 5 persiapan di atas bisa anda perhatikan, dan juga jangan lupa untuk berdo'a kpd Allah SWT, minta restu orang tua, bersabar, dan juga ikhtiar dengan sungguh - sungguh agar apa yang kita inginkan bisa terlaksana dengan baik.

  Selanjutnya baca Cara Membuat Blog di Blogger

  Sekian dari saya tentang Persiapan Sebelum Membuat Blog, terimakasih sudah mengunjungi blog saya dan semoga bermanfaat.
Next Article
Newer Post
Previous Article
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

Format untuk memasukkan gambar [img]url gambarnya[/img]
Untuk tebal <b>teksnya</b>
Untuk miring <i>teksnya</i>
Untuk memasukkan kode [code]kodenya di sini[/code]
Menyisipkan link aktif akan langsung terhapus :)